Header Ads

Tips Paling Aman Agar Terlindung dari Bahaya Radiasi Ponsel

PortalAktual.Info - Ponsel pintar atau smartphone menjadi teman sekaligus partner kerja kita sehari-hari. Banyak orang yang mulai bergantung pada ponsel pintar atau gadged mereka. Pasalnya, smartphone tidak hanya dijadikan sebagai alat komunikasi saja. Orang-orang menggunakan smartphone untuk perangkat kerja, eksis, mencari informasi, dan kegiatan penting lainnya. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang mulai tidak bisa lepas dari ponsel mereka masing-masing.

Tips Paling Aman Agar Terlindung dari Bahaya Radiasi Ponsel

Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa smartphone yang selama ini selalu menemani aktivitas Anda mempunyai radiasi. Apabila Anda terus menerus terpancar radiasi smartphone, akan ada beberapa masalah kesehatan yang menimpa Anda. Hal ini disebabkan oleh pancaran radiasi bisa langsung menembus otak. Dalam jangka panjang, kinerja otak pun bisa terganggu. Efek negatif dari radiasi ponsel ini adalah sering mengalami pusing, gangguan tidur, alzheimer, tumor otak, hingga dapat juga memicu kanker.

Meskipun banyak efek negatif dari radiasi ponsel, Anda tentu tidak bisa dengan mudah melepaskan diri dari ponsel. Untuk menghindari bahaya radiasi ponsel, silahkan lakukan beberapa hal berikut ini.

Langkah Aman Melindungi Diri dari Radiasi Ponsel Pintar

  1. Jangan Menggunakan Ponsel saat Tidak Ada Sinyal
  2. Ketika Anda berada di antah berantah di mana smartphone Anda tidak dapat menangkap sinyal, sebaiknya jangan gunakan ponsel Anda. Saat ponsel tidak mendapatkan sinyal, ponsel akan bekerja lebih keras untuk mendapatkan sinyal. Hal ini memungkinkan adanya radiasi yang lebih besar.
  3. Gunakan Hands-free atau Speaker Phone saat Telpon
  4. Radiasi ponsel sangat berbahaya jika ponsel diletakkan dekat dengan kepala. Saat menerima panggilan, sebaiknya Anda menggunakan hands-free atau speaker phone untuk mengurangi pancaran radiasinya. Untuk panggilan-panggilan yang tidak begitu pribadi dan penting, cara ini memang pas untuk dijalankan. Untuk panggilan yang sifatnya penting dan pribadi, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan earphone atau headset.
  5. Jangan Menggunakan Telpon saat Berkendara atau di dalam Lift
  6. Saat Anda sedang berkendara, kendaraan Anda akan melaju dengan cepat dari tempat tertentu ke tempat yang lain. Hal ini membuat ponsel Anda bekerja lebih keras agar dapat tetap tersambung ke sinyal boost. Pada kondisi seperti ini radiasi yang terpancar dari ponsel lebih besar. Di samping itu, berkendara sambil memainkan smartphone tentu akan membahayakan keselamatan Anda.

    Logika yang sama juga berlaku ketika Anda berada di ruangan tertutup seperti lift. Pada ruangan tertutup, ponsel pun sulit menangkap sinyal dari menara seluler.
  7. Aktifkan Mode Pesawat
  8. Saat tidak sedang digunakan, ada baiknya Anda mengaktifkan mode pesawat. Dengan mengaktifkan mode ini, segala transmisi nirkabel akan dihentikan sehingga mengurangi risiko terkena radiasi.
  9. Gunakan Ponsel dengan Rendah Radiasi
  10. Smartphone yang satu dengan smartphone lainnya memiliki tingkat radiasi yang berbeda-beda. Untuk mencari tahu sebanyak apa radiasi pada ponsel tertentu, silahkan baca lengkap produk smartphone yang Anda pakai. Selain itu, terlepas dari smartphone jenis apa yang Anda pakai, gunakanlah ponsel tersebut sesuai dengan arahan dari produsen ponsel. Dengan begitu, risiko terkena radiasi bisa lebih dihindari.
Demikian adalah lima hal mudah yang bisa Anda lakukan untuk menghindari pancaran radiasi yang berbahaya dari ponsel pintar. Untuk meminimalisasi dampak buruk dari radiasi ponsel, saat Anda istirahat malam, sebisa mungkin jauhkan ponsel Anda dari tubuh Anda. Semakin dekat tubuh dengan ponsel, semakin banyak tubuh terpapar radiasi yang berbahaya. Semoga informasi diatas bermanfaat.

No comments