Header Ads

Tips Jitu Meningkatkan Sinyal Wifi di Rumah dengan Mudah

PortalAktual.Info - Semakin hari, semakin banyak orang yang mulai bergantung dengan internet. Pasalnya, ada jutaan informasi yang bisa diakses dengan mudah melalui internet. Tak hanya informasi, mereka juga bisa mendapatkan hiburan dengan menonton video atau apa pun yang ada di internet.

Tips Jitu Meningkatkan Sinyal Wifi di Rumah

Untuk bisa mengakses internet, Anda tentu membutuhkan kuota atau jaringan wifi. terlebih buat anda yang ingin berhemat, menggunakan jaringan wifi merupakan pilihan terbaik. nah, terkait penggunaan wifi, apapun jenis perutukannya, berikut ini kami akan bagikan beberapa tips bagaimana menguatkan sinyal wifi, agar anda bisa mengakses internet secara maksimal.

Cara Mudah Meningkatkan Sinyal Wifi

  1. Cari Posisi Peletakkan Wifi yang Tepat
  2. Sinyal wifi adalah sinyal elektromagnetik yang tidak dapat dilihat oleh manusia. Meskipun begitu, sinyal tersebut bisa terhalang oleh tembok dan juga benda-benda di sekitarnya. Oleh karena itu, sebaiknya tempatkan wifi di area terbuka yang bebas penghalang agar wifi bisa dengan mudah menangkap sinyal dari menara pemancar.
  3. Jauhkan dari Barang Elektronik Lain
  4. Tidak hanya tembok yang dapat mengganggu kualitas sinyal, perangkat elektronik juga dapat mengganggu penangkapan sinyal oleh wifi. Untuk itu, jauhkan wifi dari TV, Microvawe, dan perangkat elektronik lainnya agar sinyal lancar.
  5. Pakai Teknologi Wifi terbaru
  6. Teknologi wifi yang baru memiliki kode N. Gunakan teknologi ini agar kecepatan maksimal dan sinyal selalu kuat.
  7. Pilih Channel yang Kosong
  8. Jika di daerah Anda banyak yang menggunakan router wifi, kamu bisa pilih channer yang kosong, Jangan gunakan channel router yang juga digunakan oleh orang lain agar sinyal tudak menurun. Untuk melakukan trik ini, Anda bisa menggunakan aplikasi inSSIDer.
  9. Gunakan Kaleng Bekas untuk Menangkap Sinyal
  10. Sinyal elektromagnetik wifi menggunakan udara sebagai media penghantar. Agar sinyal tidak menyebar ke mana-mana, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan kaleng bekas. Potong bagian atas dan bagian bawah kaleng. Jadikan kaleng bekas tersebut menjadi lembaran melengkung, kemudian letakkan di dekat antena penangkap sinyal pada wifi. Selain menggunakan kaleng bekas, Anda juga bisa memanfaatkan tutup panci atau alumunium.
  11. Pakai Wifi Repeater
  12. Repeater adalah alat yang berfungsi menangkap sinyal wi-fi kemudian memancarkan kembali sinyal tersebut secara lebih kuat. Alat ini cocok dipakai untuk Anda yang memiliki masalah sinyal wifi rendah.
  13. Kontrol Bandwidth
  14. Jika Anda bukanlah satu-satunya orang yang menggunakan wifi tersebut, pasti koneksi akan lebih lambat. Anda bisa mengatur penggunaan wifi dengan bandwith agar orang lain tidak bisa dengan mudah mengakses wifi Anda.
  15. Gunakan DD-WRT Firmware
  16. Cara memperkuat sinyal wifi adalah dengan menggunakan aplikasi DD-WRT Firmware. Aplikasi ini berfungsi untuk meng-hack router agar wifi Anda bisa lebih banyak menerima sinyal.
  17. Perbaiki Sistem Keamanannya
  18. Sistem keamanan sebaiknya diganti secara berkala. Saat kuota internet masih banyak tetapi koneksi lambat, mungkin ada orang lain yang mengakses wifi Anda. Untuk mencegah hal ini, buatlah password yang sulit dan ganti secara berkala.
  19. Reboot secara berkala
  20. Sama seperti smartphone, terkadang wifi juga eror ketika terus menerus digunakan. Oleh karena itu, Anda harus me-restart wifi secara berkala agar terhindar dari berbagai masalah.
Bagaimana tidak sulit bukan, cara meningkatkan sinyal wifi diatas? Silahkan dipahami satu persatu cara-cara diatas sampai mengerti baru dipraktekkan. Selamat mencoba dan semoga sukses.

No comments