Header Ads

Tips Cerdas Menjaga Kesehatan Anak Kost

PortalAktual.Info - Mengatur pola hidup sehat saat menjadi anak kost bukanlah hal yang mudah, terutama bagi para perantau yang berpindah kota untuk mengejar ilmu atau bekerja. Niat baik kita saat merantau dan hidup mandiri, jika tidak diimbangi dengan pola hidup yang sehat, pastinya membuat apa yang ingin kita raih sia-sia, karena tentunya tak ada gunanya lagi kesuksesan yang kita capai bila tubuh dalam keadaan sakit.

Tips Jitu Menjaga Kesehatan anak Kost

Namun jangan khawatir, menjaga pola hidup sehat bukanlah tidak mungkin untuk diwujudkan oleh anak kos, jika memperhatikan dan menerapkan beberapa tips berikut ini.
  1. Jaga kebersihan kamar/ruang kos
  2. Kawan, jika kamu memilih untuk menjadi anak kos di usia belasan, mau tidak mau kamu harus membiasakan diri untuk menjaga sendiri kebersihan ruangan, udara, dan semua barang yang kamu miliki di dalam kosmu. Sempatkanlah diri untuk sekedar menyapu kamar kosmu setiap harinya. Kebiasaan tersebut lama-lama akan membuat dirimu terbiasa dengan lingkungan yang sehat, dan kamu akan berubah menjadi orang yang tidak menyukai kotor. Setelah terbiasa dengan menyapu, buatlah jadwal seminggu sekali untuk membersihkan seluruh sisi kamar kosmu. PIlih hari libur di sela kegiatanmu yang menumpuk, dan sempatkanlah untuk tidak hanya menyapu, melainkan mengepel lantai, mengelap perabotan yang berdebu, dan mencuci seprai ataupun gorden.

    Jangan pernah membiarkan baju ataupun jaket kamu terlalu lama menggantung, karena hal tersebut dapat memancing nyamuk yang bisa membahayakan tubuh. Tips kebersihan terakhir, bagi kalian yang memiliki kamar mandi di dalam kamar kos kalian, jangan lupa untuk selalu menguras bak mandi seminggu sekali. Selain suka bersarang di pakaian yang menggantung, nyamuk juga suka menelurkan telurnya di genangan air, terutama di bak kamar mandi.
  3. Pola makan yang sehat
  4. Apa-apa sendiri, belanja sendiri, masak sendiri, cuci piring pun sendiri. Yah… memang itulah resiko yang harus diterima oleh anak kos. Tidak ada sosok Ibu atau pembantu yang bisa membantu kita menyiapkan hal-hal kecil seperti makan, maka dari itu pola makan yang sehat harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

    Menjaga pola makan bisa diawali dengan penjadwalan jam makan yang stabil. Jam makan yang tidak stabil, besar kemungkinan memicu terjadinya maag yang akan menggangu kegiatan kita sehari-hari. Meminimalisir makanan cepat saji juga merupakan cara yang bisa kita lakukan dalam menjaga pola makan.
  5. Berolahraga rutin dan hindari merokok.
  6. Memang, mengurangi atau menghindari rokok sangat sulit dilakukan bagi para perokok aktif. Oleh karenanya, hal tersebut harus diimbangi dengan olahraga yang rutin. Dengan berolahraga, racun-racun yang tertimbun di tubuh kita karena ulah rokok akan keluar bersama keringat saat kita berolahraga. Jadi buat kalian anak kos yang perokok, cobalah untuk membiasakan diri berolahraga minimal satu minggu dua kali atau sekali. Lagipula olahraga juga tidak harus di outdoor, bukan?
Oya, selain kesehatan jasmani diatas, kesehatan rohani pun juga harus kita jaga. Berada jauh dari orang tua, membuat pengawasan mereka terhadap kita mengendur. Jika kita terlena dan terbawa arus, bukan tidak mungkin jiwa kita akan sakit. Ingat, jiwa yang sakit bisa menular kepada tubuh juga loh!

Nah, beberapa tips di atas adalah tips umum yang bisa kalian lakukan setiap harinya. Masih banyak tips yang bisa kalian gali sendiri untuk menerapkan pola hidup yang sehat jika kalian adalah anak kos yang ingin belajar mandiri. Bagaimana para anak kos? Siap untuk melakukan hal-hal di atas agar tubuh kalian tetap sehat?

No comments