Header Ads

Sebelum Membeli, Pahami Jenis-Jenis Scanner dan Fungsinya Berikut Ini

PortalAktual.Info - Dalam dunia kerja, selain laptop dan komputer, sebuah perusahaan memerlukan alat pelengkap lainnya yaitu alat scanner. Scanner merupakan sebuah alat elektronik yang berfungsi sebagai pemindai. Pemindai ini nantinya digunakan untuk memasukkan data sebelum data diolah dengan menggunakan sistem komputer. Scanner ini mampu memindai objek fisik kemudian melakukan korversi berbentuk objek digital.

Jenis-Jenis Scanner dan Fungsinya

Alat elektronik yang berfungsi memindai ini ternyata memiliki beragam jenis dan bentuk. Setiap jenisnya memiliki fungsinya masing-masing. Sebelum membeli salah satu jenis scanner tertentu, setidaknya Anda harus mengetahui jenis dan peruntukannya. Hal ini dilakukan tentunya agar Anda tidak salah saat menentukan scanner yang akan dipilih.

Nah, berikut telah kami rangkum informasi tentang jenis-jenis scanner dan fungsinya. Langsung saja, simak selengkapnya.

Jenis Scanner yang Banyak Beredar di Pasaran

  1. Scanner Fletbed
  2. Jenis Scanner yang pertama adalah Fletbed Scanner. Seperti namanya, scanner yang satu ini merupakan scanner yang memiliki bentuk rata dan juga datar, hampir seperti tempat tidur. Scanner yang satu ini memang yang paling sering dijumpai di dunia perkantoran. Scanner yang satu ini juga sangat umum di bidang scanning dokumen. Ukurannya yang kecil, kompak, dan juga kompatibel membuatnya banyak dipilih oleh masyarakat. Scanner ini bisa memindai beberapa ukuran kertas, seperti ukuran legal dan letter sampai dengan kertas A3.

    Teknologi yang digunakan Scanner Flatbed ini menggunakan teknologi Charge Coupled Device (CCD) sebagai mata scanner yang bisa melakukan pemindaian terhadap dokumen yang ada di dalamnya.
  3. Scanner Drum
  4. Scanner yang satu ini memiliki bentuk seperti drum. Scanner drum memiliki fungsi yang luar biasa, terutama dari sisi resolusinya. Gambar yang dihasilkan oleh scanner ini bisa mencapai resolusi 24.000 ppi. Hal ini jelas menunjukkan bahwa scanner yang satu ini dapat menghasilkan gambar dengan kualitas high resolution, detail, serta jelas.
  5. Roller Scanner
  6. Scanner yang satu ini memiliki fungsi yang sama dengan Fletbed Scanner, yaitu untuk memindai dokumen yang berjenis lembaran. Perbedaan keduanya adalah dari sisi metode pemindaian yang digunakan. Jika Fletbed Scanner menggunakan teknologi CCD sebagai mata scanner yang terus bergerak memindai dokumen, roller scanner memiliki cara kerja yang hampir sama dengan printer, yaitu yang bergerak adalah dokumennya. Dokumen yang akan discan diletakkan pada ujung satunya, kemudian dokumen tersebut akan masuk ke mesin dan keluar lagi di ujung yang satunya.

    Ada dua jenis roller scanner. Pertama, ADF Scanner, yaitu roller scanner yang berfungsi memindai dokumen dalam jumlah yang banyak. Kedua, Scanner Sheet Feed, yaitu roller scanner yang berfungsi memindai dokumen lembaran.
  7. Hand Scanner
  8. Sesuai dengan namanya, hand scanner menjadi satu-satunya scanner yang paling praktis karena penggunaannya cukup dengan menggunakan tangan. Scanner yang satu ini sering digunakan untuk perangkat keamanan, memindai barcode swalayan, memindai barang bawaan di bandara, dan bisa juga untuk memindai isi dokumen.
  9. Film Scanner
  10. Scanner yang satu ini khusus untuk memindai film negatif. Di era yang sudah sangat modern seperti sekarang ini, orang-orang mungkin jarang menggunakan film negatif. Akan tetapi, mungkin ada saja orang-orang yang ingin mengabadikan memori lama yang masih dalam bentuk film negatif menjadi file digital. Di sinilah fungsi utama dari film scanner ini.
Nah, itulah diatas deretan jenis scanner yang bisa Anda temui di pasaran. Untuk scanner jenis fletbed, Anda mungkin bisa menemukannya sudah kompak dengan printer atau mesin fotokopi. Semoga informasi diatas bermanfaat.

No comments