Header Ads

Printer Laser VS Printer Inkjet, Lebih Bagus Mana?

PortalAktual.Info - Beberapa tahun yang lalu orang-orang kebanyakan lebih memilih printer inkjet dari pada printer laser karena harga printer laser lumayan mahal. Perbedaan yang lumayan mencolok ini menyebabkan orang lebih senang membeli printer inkjet. Tapi kini harga printer laser sudah mengalami penurunan harga yang cukup siginifikan. Bahkan printer laser versi paling ekonomis saat ini dijual di pasaran dengan harga di bawah 600 ribu rupiah dan sudah dilengkapi dengan toner yang dapat dipakai untuk mencetak 500 halaman lebih.

Printer Laser VS Printer Inkjet

Namun ternyata penurunan harga tidak lantas membuat orang yang sudah terbiasa dengan printer inkjet berpaling ke printer laser. Konsumen sudah merasa terlalu nyaman dan terbiasa menggunakan printer inkjet sehingga printer laser kalah saing di pasaran. Padahal antara printer laser dan printer inkjet sendiri memiliki kelebihan dan kekuarangan masing-masing. Lalu apa kelebihan dari kedua printer ini? Simak ulasannya berikut ini.
  • Kelebihan Printer Laser
    1. Kecepatan. Kecepatan mencetak (print speed) printer laser mencapai sekitar 20-25 ppm atau 20-25 per menit. Jadi printer laser dapat mencetak dokumen lebih cepat sekalipun dengan jumlah halaman yang banyak.
    2. Fitur. Fitur printer laser lebih unggul jika dibandingkan dengan printer inkjet apalagi pada bagian memory dan prosessor. Printer laser mempunyai kemampuan yang lebih tinggi, hal ini membuat printer laser tidak rentan trouble atau masalah.
    3. Biaya opersional murah. Salah satu kelebihan lainnya dari printer laser ini adalah biaya operasionalnya yang terbilang sangat murah, baik itu biaya perawatan maupun penggantian cartridge. Printer laser tidak mengharuskan anda untuk terlalu sering mengganti cartridge, sehingga anda tidak harus mengeluarkan dana untuk terus-menrus mengganti cartridge.
    4. Kualitas cetak bagus. Meskipun untuk komposisi warna (real color) hasil printer laser tak sebagus printer inkjet, namun hasil cetakan printer laser—baik cetakan hitam putih ataupun cetakan warna—lebih baik. Hal ini dikarenakan hasil cetakan printer laser lebih cepat kering dan tahan air. Printer laser juga lebih mudah untuk dibersihkan dan sangat cocok untuk pemakaian jangka panjang.
  • Kelebihan Printer Inkjet
    1. Ukuran lebih kecil. Printer inkjet pada umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan printer laser. Meskipun jenis printer inkjet all-in-one memang berukuran agak sedikit besar, namun tetap saja lebih kecil jika dibandingkan dengan printer laser all-in-one atau mesin fotocopy. Ukurannya yang kecil ini membuat printer inkjet hemat tempat karena dapat diletakkan pada tempat yang sempit sekalipun.
    2. Harga lebih murah. Dari segi harga, printer inkjet terbilang sangat murah jika dibandingkan printer laser. Bagi anda yang ingin memiliki sebuah printer sebagai penunjang kerja, maka printer laser ini sangat cocok anda beli karena tidak akan menguras isi dompet anda.
    3. Cartridge murah dan mudah. Cartridge yang terdapat pada printer inkjet juga dijual dengan harga yang lebih murah. Selain itu, penggantian cartridge juga sangat mudah sehingga anda tidak perlu kerepotan saat mengganti cartridge printer anda.
    4. Hasil cetak foto sempurna. Kualitas cetak foto yang dihasilkan oleh printer inkjet sangat bagus dan sempurna. Printer inkjet mampu menghadirkan warna yang sangat jelas dan terlihat nyata, namun untuk menghasilkan gambar yang bagus ini anda disarankan untuk menggunakan kertas khusus untuk foto.
Nah, itulah perbandingan dari beberapa kelebihan printer laser dan printer inkjet. Bagi anda yang ingin membeli sebuah printer, semoga tulisan ini dapat menjadi pertimbangan anda untuk mengambil keputusan printer apa yang akan anda beli. Yang harus anda ingat, setiap produk tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, termasuk juga printer laser dan printer inkjet ini.

No comments