Header Ads

Pengertian Firewall serta Jenis-Jenisnya

PortalAktual.Info - Internet bukanlah hal yang asing dijaman sekarang ini. Bahkan internet sudah menjadi kebutuhan penting bagi banyak kalangan. Urusan kantor, organisasi, bahkan urusan rumah tangga-pun banyak yang mengandalkan internet. Akan tetapi, dibalik semua kemudahan yang ada, internet juga bisa merugikan. Salah satunya saat, komputer atau laptop kita terjangkit virus atau sejenisnya, yang menyebabkan laptop tidak bekerja maksimal, bahkan banyak file yang rusak/hilang gara-gara virus tersebut.

Pengertian Firewall serta Jenis-Jenisnya

Nah, jika itu yang terjadi, apa yang harus dilakukan? Banyak cara untuk mengatasi atau membentengi komputer kita dari virus. Salah satunya adalah dengan firewall. Pastinya buat anda yang sudah lama bergelut dengan komputer, sudah tak asing dengan istilah tersebut, walaupun mungkin belum paham apa yang dimaksud dengan istilah tersebut.

Apa Itu Firewall dan Apa Saja Jenis Serta Fungsinnya?

Apa Itu Firewall?
Secara harafiah, Firewall bisa diartikan dengan tembok api. Firewall sendiri terpasang pada perangkat lunak ataupun perangkat keras yang berfungsi sebagai pelindung atau pengaman pada gadget. Cara kerjanya, firewall akan bertugas untuk mengatur lalu lintas pada jaringan internet yang tersambung pada gadget anda. Firewall akan memblokir lalu lintas jaringan yang terindikasi tidak aman yang akan masuk ke dalam gadget/komputer kita.

Dengan melihat pengertian dari Firewall di atas, bisa kita simpulkan bahwa keberadaan Firewall itu sangatlah penting. Dengan adanya Firewall inilah kita mampu mencegah kejadian tidak mengenakkan, semisal terserang virus, peretasan atau pencurian data yang tesimpan dan sejenisnyad.

Jenis Jenis dan Fungsi Firewall
Untuk mengetahui lebih dalam tentang Firewall kita akan menuju kepada pembahasan selanjutnya, yaitu mengenai jenis-jenis dan fungsi Firewall.
  1. Packet Filtering Gateway
  2. Sesuai dengan namanya, jenis Firewall yang satu ini mempunyai fungsi untuk memfirtelisasi atau melindungi dari berbagai paket paket yang datang dari luar jaringan. Akan tetapi, pada jenis Firewall ini terdapat batasan dalam perlindungan jaringan. Jenis Packet Filtering Gateway ini hanya tebatas pada perlindungan sumber paket, tujuan paket dan atribut yang terdapat pada paket jaringan yang melewatinya.
  3. Application Layer Gateaway
  4. Penjelasan singkatnya, Firewall yang juga sering disebut Proxy Firewall ini mempunyai fungsi untuk melakukan penyaringan pada layar aplikasi. Perlindungannya tidak hanya sebatas sumber, tujuan serta atribut dari paket yang masuk, tetapi perlindungannya juga bisa mencapai pada konten tersebut.

    Dengan Application Layer Gateaway ini, akan melarang paket masuk melalui firewall tersebut secara langsung. Tapi aplikasi Proxy Firewal pada gadget yang mengaktifkan Firewall ini akan mengalihkannya pada layanan yang terdapat di jaringan privat.
  5. Circuit Layer Gateway
  6. Untuk Firewall jenis ini melakukan tugasnya pada Lapisan Transport model referensi TCP/IP. Fungsi dari Firewall ini sendiri adalah bertindak sebagai pengawas hubungan awal TCP atau sering disebut TCP Handshaking.

    Maksut dari TCP Handshakig sendiri adalah proses penentuan apakah hubungan tersebut aman atau tidak. Bentuknya hampir mirip dengan Proxy Firewall atau Application Layer Gateway, hanya saja yang membedakan disini adalah terdapat lapisan yang berbeda pada bagian yang di filter, yaitu pada layer transport.
  7. Statefull Multy Layer Inspection Gateway
  8. Ini merupakan jenis Firewall yang terakhir dalam pembahasan kali ini. Singkatnya Firewall ini merupakan gabungan dari ketiga model Firewall sebelumnya ( Packet Filtering Gateway, Application Layer Gateway, dan Circuit Layer Gateway ). Dengan penggabungan tersebut, Firewall jenis ini merupakan Firewall paket lengkap karena mampu melindungi jaringan serta gadget anda lebih aman.
Penjabaran di atas adalah uraian singkat dari pengertian dari Firewall serta jenis dan fungsinya. Pastinya keberadaan Firewall sangat penting untuk kita bisa menikmati menjelajah dunia maya dengan rasa aman. Semoga bermanfaat.

No comments