Header Ads

Mengenal Lebih Dekat Program Alexa pada Speaker Pintar yang Menjadi Primadona Saat ini

PortalAktual.Info - Speaker pintar saat ini merupakan inovasi tersendiri dalam dunia teknologi. Tak seperti dahulu yang hanya berfungsi sebagai pengeras suara, speaker kini dibekali dengan berbagai macam kemampuan yang membuat embel-embel ‘pintar’ yang dibawanya bukan sekedar bualan belaka.

Program Alexa pada Speaker Pintar

Speaker pintar memang memiliki kemampuan yang sangat membantu di kehidupan modern ini. Aktifitas-aktifitas seperti menyetel musik, membacakan berita terkini, hingga memesan kendaraan via aplikasi Uber juga bisa dilahap oleh perangkat yang dijuluki asisten pribadi ini.

Tak hanya sampai disitu saja, speaker pintar ini ternyata juga bisa diajak berkomunikasi juga, dengan memiliki speaker pintar ini tentu saja kita bak mempunyai asisten sendiri yang bisa membuat kehidupan kita menjadi lebih mudah.

Bicara tentang asisten digital, speaker pintar bukanlah perangkat pertama yang menyediakan layanan sejenis. Bahkan, di Indonesia dulu layanan seperti ini pernah eksis. Halo Diana dan YessBoss pernah memberikan layanan asisten pribadi. Namun karena pengoperasiannya yang cenderung rumit yaitu karena mewajibkan penggunanya menggunakan pesan singkat, maka layanan inipun akhirnya gugur.

Jadi, bisa dibilang speaker pintar inilah jawaban dari kekurangan para pendahulunya tersebut. Pengoperasian yang sangat mudah dan hampir bisa dilakukan oleh siapa saja menjadi poin plus tersendiri. Saat ini memang varian speaker pintar yang tersedia belum terlalu banyak. Yang paling tersohor tentu saja produk besutan Amazon yang disebut Amazon Echo.

Amazon Echo membawa banyak sekali fitur dan kegunaan yang dikemas dalam suatu program yang dinamakan Alexa. Alexa membawa tujuh buah mikrofon yang telah dilengkapi dengan pengenalan suara jarak jauh dan teknologi anti bising. Semua ini diharapkan agar pengguna dapat tetap berkomunikasi dengan asisten pribadinya dalam kondisi apapun.

Amazon Echo membawa fitur-fitur yang tidak dibawa dalam speaker pintar lain. Selain dapat mengerjakan tugas-tugas standar seperti memberi menginformasikan resep masakan, ataupun memberi tahu skor pertandingan sepak bola terbaru, Amazon Echo memiliki sebuah fitur yang dinamakan skills.

Dengan hadirnya fitur skills, pengguna dapat menyesuaikan preferensi dari asisten pribadinya sesuai dengan kebutuhan. Terdapat beberapa preferensi yang dapat dipilh, seperti Go Places, Stay Informed, Be Entertained, dan Make Your Home Smarter. Untuk mengaktifkan skill ini cukup mudah, pengguna hanya perlu memencet tombol ‘Enable Skill’ pada preferensi yang diinginkan.

Kesan bak memiliki asisten pribadi sungguhan benar-benar terasa karena Alexa juga dimiliki kemampuan untuk berkembang dan terus belajar. Jadi semakin sering pengguna berinteraksi dengan Alexa, maka Alexa juga akan beradaptasi dan semakin mengenal ‘bosnya’.

Banyak yang menganggap speaker pintar besutan perusahaan asal Amerika Serikat ini merupakan yang terbaik diantara para pesaingnya. Menurut testimoni mereka yang pernah menggunakannya, fitur-fitur yang dibawa Alexa ini memang sangat berguna dan bisa diandalkan dalam mengerjakan tugas-tugas sehari-hari.

Sedikit Kelemahan Program Alexa

Sayangnya, dibalik semua fitur-fitur tersebut, Alexa ternyata masih memiliki beberapa kekurangan. Kualitas speaker yang dibawa dirasa masih belum terlalu baik. Selain itu, ketidak hadiran baterai juga menjadi permasalahan tersendiri karena artinya pengguna harus selalu menyambungkan kabelnya kepada stop kontak.

Patut ditunggu bagaimana perkembangan speaker pintar di era yang penuh inovasi ini. Walaupun fitur yang telah disediakan Amazon sudah sangat beragam, tak menutup kemungkinan bahwa produk ini bisa dikembangkan lebih lanjut. Ingat Jarvis si asisten pribadi Tony Stark dalam film Iron Man? Tentu sangat menarik jika di masa depan kita bisa memiliki asisten pribadi bak Jarvis di rumah. Bagaimana? tertarik memiliki asisten pribadi?

No comments