Header Ads

Hati-Hati 8 Kebiasaan Sepele ini Bisa Merusak Kesehatan Anda

PortalAktual.Info - Terkadang kita tidak menyadari bahwa kegiatan yang sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari dapat menganggu kesehatan. Apalagi kalau beberapa kegiatan atau aktivitas tersebut sudah menjadi kebiasaan yang sulit untuk ditinggalkan. nah, sebelum sesuatu hal buruk terjadi, sebaiknya ketahui kegiatan apa saja yang bisa merusak kesehatan tersebut, agar bisa segera menghentikannya sebelum sesuatu buruk terjadi.

8 Kebiasaan Sepele yang Bisa Merusak Kesehatan

Kebiasaan yang Merusak Kesehatan

  1. Tidur tanpa membersihkan make up
  2. Mempunyai aktivitas yang begitu padat sampai malam hari terkadang membuat wanita malas untuk membersihkan wajah dari make up terlebih dahulu sebelum tidur. Memakai make up memang akan membuat wanita tampil lebih cantik. Namun, ketika tidur jangan pernah memakai make up karena akan menyebabkan kulit wajah menjadi berjerawat, menimbulkan bintik-bintik hitam pada kulit wajah dan iritasi pada mata.
  3. Tidur terlalu lama Sering begadang atau saat tubuh terasa sangat capek karena kegiatan tertentu, terkadang membuat jam tidur lebih lama dari biasanya. Namun, tidur dalam waktu yang terlalu lama dapat mengganggu kesehatan anda seperti sakit kepala, sakit pada bagian punggung, obesitas dan juga dapat menyebabkan konsentrasi menjadi menurun. Bahkan, kebanyakan tidur dapat membuat anda sering lupa karena sel-sel otak kurang aktif sehingga sulit untuk fokus terhadap sesuatu.
  4. Tidur setelah makan
  5. Tidur setelah makan adalah kebiasaan buruk yang harus dihindari karena dapat menyebabkan terserang beberapa penyakit berbahaya seperti jantungan, kanker, diabetes dan obesitas. Ketika sehabis makan dan perut terasa kenyang memang akan mendatangkan rasa kantuk. Namun sebaiknya sebelum memutuskan untuk tidur, berilah jeda waktu selama 4 jam supaya usus dan lambung dapat memproses makanan dengan baik terlebih dahulu.
  6. Mandi malam
  7. Kebiasaan mandi dalam cukup banyak menyebabkan masalah kesehatan menjadi terganggu, di antaranya yaitu resiko terserang penyakit reumatik, paru-paru basah, demam, masuk angin dan penuaan dini. Sebaiknya, jika hari sudah malam janganlah mandi meskipun anda merasa gerah karena beraktivitas seharian. Daripada mandi malam, lebih baik bagi anda mandi saat hari masih sangat pagi yaitu sekitar jam 3 pagi.
  8. Sering mengkonsumsi mie instan
  9. Mie instan termasuk makanan yang harganya murah, praktis dan memiliki rasa yang enak. Makanan ini merupakan makanan favorit bagi semua orang. Namun, janganlah mengkonsumsi mie instan setiap hari karena dampaknya sangat berbahaya bagi kesehatan bahkan dapat mematikan.

    Terlalu sering mengkonsumsi mie instan dapat menyebabkan usus bocor, kanker, obesitas dan penyakit berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan kematian. Dan juga, sebaiknya mie instan dimasak dengan cara yang benar.
  10. Memakai celana yang ketat
  11. Sering memakai celana yang ketat dapat menyebabkan kualitas sperma menurun, menyebabkan kemandulan bagi pria, tidak bebas saat bergerak, menimbulkan jerawat di pantat dan menyebabkan bagian selangkangan juga pantat menjadi hitam.
  12. Menggigit kuku
  13. Banyak orang yang sering menggigit-gigit kuku jarinya. Entah itu kebiasaan atau karena terpaksa. Sering menggigit kuku jari dapat menyebabkan infeksi pada saluran pencernaan atau diare. Karena biasanya banyak bakteri yang menempel di ujung kuku dan kulit jari sehingga ketika menggigit kuku, bakteri-bakteri tersebut akan masuk ke mulut hingga ke saluran pencernaan. Selain itu juga, kebiasaan menggigit kuku ataupun jari dapat merusak gigi dan membuat gusi menjadi infeksi.
  14. Melewatkan sarapan
  15. Masih banyak orang yang sering melewatkan waktu untuk sarapan dengan alasan karena terburu-buru berangkat bekerja, tidak biasa sarapan atau karena alasan lainnya. Sempatkanlah untuk sarapan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat seperti sereal, roti gandum, bubur, segelas susu, buah-buahan, oatmeal atau makanan sehat lainnya. Tidak sarapan dapat meningkatkan resiko diabetes dan menurunkan kosentrasi anda.
Meskipun terkadang kita tidak menyadarinya dan menganggapnya sepele, mulai sekarang hindarilah kebiasan-kebiasaan buruk di atas, supaya terhindar dari penyakit yang berbahaya.

No comments