Header Ads

Cara Mudah Menambah RAM Smartphone Android Tanpa Root

PortalAktual.Info - RAM atau Random Acces Memory merupakan perangkat penyimpanan yang cukup penting dalam sebuah smartphone maupun komputer. Jika kapasitas RAM terlalu kecil, performa smartphone pun menjadi terbatas. jika dipaksakan bekerja lebih, RAM berpotensi overload. dan tentunya RAM yang overload akan membuat kinerja smartphone semakin lambat dan smartphone pun cepat panas.

Menambah RAM Smartphone Android Tanpa Root

Untuk mengakali RAM yang sudah penuh, biasanya orang-orang akan menyarankan root smartphone. Cara yang satu ini memang cukup efektif. Akan tetapi, smartphone yang sudah di-root akan kehilangan masa garansinya. Nah, ada cara lain yang lebih efektif untuk menambah RAM smartphone tanpa root. Anda hanya membutuhkan beberapa aplikasi yang bisa memaksimalkan RAM pada smartphone Anda. Cara ini dinilai lebih efektif dan aman daripada harus melakukan rooting. Anda hanya tinggal mengunduh aplikasi tertentu dan menjalankannya. Langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Cara Mudah Menambah RAM Smartphone dengan Aplikasi

  1. Menambah Jumlah RAM dengan Aplikasi SmartBooster
  2. Aplikasi pertama yang dapat digunakan untuk menambah jumlah RAM adalah SmartBooster. Anda bisa mengunduh aplikasi ini di PlayStore. Setelah sukses mengunduh, silahkan Anda install seperti biasa. Kemudian ikuti langkah berikut ini.
    • Klik tombol “Start Now” kemudian pilih lambang booster pada bagian kanan bawah.
    • Setelah itu, akan muncul menu “setting”, silahkan pilih “Ram boost”, kemudian centang bagian Agressive.
    • Masih pada menu Ram Boost, Anda perlu mencentang juga kolom “Boost When Screen Off” dan centang juga “Boost Automatically”.
    • Kemudian ke menu “Setting” pilih Eksperimental, kemudian pilih “Root RAM Booster”.
    • Hasilnya bisa Anda lihat sendiri. Dari yang sebelumnya hanya tersisa 209.3 RAM bebas, setelah melakukan langkah-langkah di atas, RAM bertambah menjadi 401 MB. Lumayan bukan?
  3. Cara Menambah RAM dengan Greenify
  4. Selain menggunakan aplikasi SmartBooster, aplikasi lain yang bisa Anda pakai untuk menambah jumlah RAM pada smartphone adalah Xposed Installer yang dipadukan dengan Greenify. Ikuti langkah-langkah berikut ini.
    • Anda harus mengunduh aplikasi Xposed Installer terlebih dahulu. Aplikasi ini tersedia di Play Store. Setelah itu, install seperti biasa.
    • Anda juga harus mengunduh aplikasi Greenify, kemudian install seperti biasanya.
    • Setelah itu, buka aplikasi Xposed yang sudah Anda instal kemudian pilih Framework dan pilih Install/Update. Kemudian segera Reboot/Restart Android Anda.
    • Setelah selesau reboot, buka Xposed lagi, lalu masuk ke bagian Modules. Centang bagian Greenify. Kemudian restart lagi smartphone Anda.
    • Setelah itu, silahkan buka aplikasi Greenify kemudian pilih bagian Experimental Features. Ubag bagian Working Mode-nya menjadi Boost. Masih pada tab yang sama, centang bagian Keep Notifications, Wake-Up Tracker & Custom, serta Block App State Abuse.
    • Setelah itu, Anda tinggal menghibernasi aplikasi yang tidak terpakai. Silahkan kembali ke menu awal Greenify kemudian pilih tanda +, kemudian pilih aplikasi mana saja yang ingin Anda hibernasi. RAM smartphone pun akan bertambah.
Itu dia dua aplikasi yang dapat digunakan sebagai aplikasi penambah RAM tanpa Root. Dua aplikasi di atas memang tidak bisa menambah RAM dari 1 GB menjadi 2 GB. Akan tetapi, fungsinya lebih pada mengoptimalkan RAM yang tersedia pada smartphone. Aplikasi di atas bisa menghapus chache dan aplikasi yang sudah tidak terpakai. Anda bisa mencoba menggunakan salah satu aplikasi di atas untuk menambah RAM smartphone Anda yang mulai penuh.

No comments