Header Ads

Amankan Data Smartphone Dengan Cara Mudah Berikut Ini

PortalAktual.Info - Dari sekian banyak smartphone yang beredar di pasaran, 90% smartphone tersebut menggunakan sistem operasi android. Sistem operasi ini memang sangat populer di dunia. Salah satu alasan mengapa sistem operasi ini begitu disukai masyarakat adalah karena sistemnya yang fleksibel dan juga banyaknya aplikasi dari pihak ketiga. Aplikasi yang sudah lolos seleksi bisa langsung dijualbelikan di marketplace android, yaitu google play store.

Amankan Data Smartphone Dengan Cara Mudah

Kemudahan yang ada pada smartphone android nyatanya tak selalu berdampak positif. Karena kemudahan ini, android juga rentan terhadap berbagai macam ancaman keamanan dan juga malware. Ditambah lagi dengan semakin bergantungnya orang-orang pada smartphone atau tablet mereka. Risiko kehilangan data dan juga serangan malware semakin tinggi.

Oleh karena itu, anda perlu sebuah cara untuk melindungi smartphone android anda. Untuk lebih jelasnya silahkan simak berikut ini.

Tips mudah melindungi data di smartphone android

  1. Gunakan gembok layar
  2. Langkah utama dan yang paling umum digunakan untuk melindungi perangkat android adalah dengan menggunakan gembok layar (screen lock). Cara ini cukup efektif untuk mencegah pihak lain mengakses perangkat anda. Gunakan sandi yang sulit ditebak orang, tetapi mudah anda ingat. Dengan begitu, setidaknya anda telah melakukan langkah awal untuk melindungi smartphone android anda.
  3. Enkripsi data perangkat android anda
  4. Langkah kedua untuk mengamankan data di android adalah dengan mengaktifkan fitur enkripsi data. Fitur enkripsi data ini sudah tersedia di sebagian besar perangkat berbasis android. Anda bisa mengaktifkan fitur ini untuk melindungi data-data dalam galeri, kartusd, aplikasi chat, dan lain sebagainya.
  5. Locate, ring, dan wipe atau android device manager
  6. Anda tentu akan gelisah jika smartphone yang selama ini selalu ada di dekat anda tiba-tiba hilang tanpa jejak. Untuk mendeteksi di mana letak smartphone anda, anda bisa menggunakan fitur locate, rinf, dan wipe. Fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu sebelum smartphone anda hilang. Pada smartphone samsung terbaru, fitur kendali jarak jauh ini sudah tertanam. Pada smartphone jenis lainnya, anda bisa memasang aplikasi look out! Aplikasi ini sangat bermanfaat jika sewaktu-waktu anda kehilangan smartphone anda.

    Selain menggunakan aplikasi tersebut, smartphone berbasis android sebenarnya sudah dibekali dengan android device manager yang fungsinya sama, yaitu kendali jarak jauh. Cara mengaktifkannya pun sederhana. Tinggal pilih pengaturan, kemudian security, kemudian aktifkan device administrator.
  7. Jangan asal install aplikasi, percayakan pada google play store
  8. Saat berkunjung ke situs-situs tertentu, hindari install aplikasi yang tidak jelas sumbernya. Perangkat android anda memiliki toko aplikasi yang paling aman untuk android, yaitu di google play store. Semua aplikasi yang ada di marketplace ini telah melewati serangkaian seleksi sehingga bisa dipastikan aman.
  9. Hindari root smartphone
  10. Meskipun root ini sangat bermanfaat karena bisa mengoptimalkan ram dan rom, sebaiknya anda tidak melakukan root pada smartphone anda. Ponsel yang telah di-root rentan terhadap malware. Jika anda tidak ingin perangkat anda rusak karena adanya malware, sebaiknya tidak perlu melakukan root. Selain lebih rentan terhadap malware, ponsel yang sudah di-root secara otomatis akan hilang masa garansinya.
Demikian diatas, lima langkah mudah yang bisa anda lakukan untuk melindungi smartphone android anda. Sebaiknya, data-data yang bersifat pribadi dan penting tidak hanya disimpan di hp saja, tetapi juga di-back up di tempat lain. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan.

No comments