Header Ads

8 Cara Cepat Dan Aman Mengatasi Insomnia

PortalAktual.Info - Insomnia merupakan sebuah penyakit yang sering dialami oleh banyak orang terutama bagi para pekerja, orang yang tertekan dan punya masalah yang berat, ataupun karena efek dari suatu penyakit tertentu. Gejala yang timbul bila Anda terkena insomnia adalah sesak napas, sering menahan sakit, cemas, gelisah saat tidur atau susah tidur.

8 Cara Cepat Dan Aman Mengatasi Insomnia

Bila saat ini anda mengalami hal yang demikian, dan berlangsung cukup lama, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter pribadi anda. Atau, jika anda tidak ingin pergi ke dokter, silahkan simak beberapa tips cara mengobati insomnia berikut ini. Silahkan disimak, dan silahkan di coba.

Tips Mengatasi Insomnia Secara Aman

  1. Kurangi Minuman Bersifat Stimulan
  2. Stimulan merupakan sebuah efek yang menyebabkan peningkatan sistem kerja syaraf pusat dan menimbulkan perasaan yang lebih agresif, awas dan semangat.

    Bila Anda mengkonsumsi minuman berstimulan menjelang tidur seperti kopi, teh dll, maka akan sulit untuk tidur. Karena zat-zat tersebut akan memaksa otak untuk terus bekerja pada saat waktu yang tidak tepat.

    Hindari minum teh atau kopi sebelum Anda tidur. Bila tetap ingin minum teh, berikan jarak yang agak jauh dengan waktu tidur Anda.
  3. Buatlah Nyaman
  4. Tidur di kamar yang nyaman pasti akan membuat tidur kita akan lebih berkualitas. Sehingga cobalah dari sekarang, desain kamar Anda sebaik mungkin, bersihkan dari kotoran seperti sampah. Anda juga bisa memberikan aroma pengharum ruangan, supaya kamar lebih terasa segar.
  5. Berolahraga
  6. Menurut penelitian, berolahraga secara teratur dapat membantu seseorang yang mengalami masalah susah tidur. Anda bisa memulai untuk berolahraga ringan setiap hari seperti jogging, push-up, sit-up dll.

    Selain sebagai solusi bagi penderita insomnia, berolahraga juga bisa meningkatkan kebugaran jasmani dan membangun fisik yang lebiih kuat. Namun jangan berolahraga sebelum Anda tidur, misalnya gym dan lari di malam hari. Hal ini justru akan menjadi pemicu untuk susah tidur.
  7. Hindari Rokok
  8. Jangan merokok empat jam sebelum Anda tidur. Karena didalam rokok terdapat zat bernama nikotin yang dapat meningkatkan kinerja otak, sehingga otak akan terus awas meskipun seharusnya harus istirahat.
  9. Buat Jadwal Kegiatan
  10. Di tengah kegiatan yang padat, Anda harus memenejemen atau mengatur kegiatan supaya kebutuhan akan tidur tetap terpenuhi meskipun dengan segala aktivitas setiap hari.

    Anda bisa membuat jadwal kegiatan setiap harinya. Kapan saatnya bermain, kapan saatnya belajar dan kapan saatnya tidur. Setelah Anda membuat jadwal tersebut, mulailah tertib dan lakukan secara konsisten supaya mendapatkan hasil yang maksimal.
  11. Ciptakan Situasi yang Kondusif
  12. Tidur di lingkungan yang berisik pasti akan menganggu tidur Anda, seperti pada saat tetangga Anda mengadakan pesta pernikahan atau karena rumah Anda berada di tepi jalan raya.

    Jika menemui kondisi tersebut, buatlah suasana kamar Anda tetap tenang dan kosdusif meskipun terdengar suara keras atau klakson kendaraan. Anda bisa mendengarkan musik yang slow dengan volume yang rendah agar pendengaran Anda lebih nyaman.
  13. Matikan Lampu
  14. Menyalakan lampu pada saat tidur sering menjadi kebiasaan masyarakat karena mereka takut akan kegelapan. Padahal anggapan ini salah besar. Justru dengan keadaan lampu menyala inilah yang menyebabkan kualitas tidur Anda tidak maksimal bahkan bisa menyebabkan masalah insomnia.

    Lampu yang menyala akan tetap menembus kelopak mata Anda meskipun Anda sudah terlelap. Lalu mata akan tetap merespon cahaya lampu dan meneruskan ke otak. Sehingga sepanjang malam otak Anda akan terus bekerja.

    Mulai sekarang cobalah mematikan lampu kamar dan tidur dalam keadaan gelap. Hal ini berguna untuk memaksimalkan tidur Anda.
  15. Jangan Makan dan Minum Berlebihan Menjelang Tidur
  16. Sebelum tidur, hindarilah makan atau minum yang berlebihan. Karena bila Anda makan terlalu kenyang, maka perut Anda akan terasa tidak nyaman saat tidur. Dan jika Anda minum terlalu berlebihan, maka Anda akan bisa terbangun ditengah malam hanya untuk kencing.
Nah, selamat mencoba cara mengatasi insomnia diatas, dan semoga segera diberi kesembuhan.

No comments