Header Ads

Tips Menghasilkan Foto Keren Dengan Berbekal Kamera Smartphone

PortalAktual.Info - Banyak yang menganggap untuk menghasilkan foto yang bagus harus dengan kamera yang bagus juga, misalnya kamera Dslr atau kamera Mirorless. Padahal, sekarang teknologi sudah maju dan berkembang begitu pesat. Kamera smartphone sudah dibekali sensor yang bagus, megapiksel yang besar, serta fitur-fitur lain yang memungkinkan penggunanya untuk menghasilkan foto yang keren.

Tips Menghasilkan Foto Keren Dengan Berbekal Kamera Smartphone

Nah, buat Anda yang tertarik memaksimalkan smartphone Anda untuk menciptakan foto yang keren, silakan simak ulasan di bawah ini.
  1. Memotret dengan menggunakan teknik fotografi yang baik.
  2. Untuk menciptakan foto yang keren, syarat utamanya adalah Anda harus memotret dengan teknik fotografi yang baik dan benar. Pahamilah teknik-teknik fotografi itu baik melalui buku, internet, maupun bertanya ke teman yang pahaqm akan dunia fotografi. Teknik fotografi yang dimaksud di sini adalah bagaimana menciptakan komposisi yang seimbang, menggunakan cahaya yang pas, dan tentunya pengambilan angle yang tepat pula, serta berbagai tehnik lainnya.

    Dengan menguasai teknik-teknik itu, hasil jepretan Anda akan terlihat keren meski hanya dipotret dengan kamera smartphone. Sekilas tidak ada perbedaan yang mencolok antara hasil jepretan kamera smartphone dengan kamera profesional jika foto itu dilihat di media yang kecil. Perbedaan itu baru terlihat kalau foto itu dicetak di media yang besar, misalnya di spanduk atau billboard.
  3. Memaksimalkan mode di kamera smartphone.
  4. Kamera smartphone sekarang sudah canggih. Selain didukung megapiksel dan sensor yang besar, kamera-kamera itu juga dilengkapi berbagai macam mode pengambilan gambar. Fitur-fitur itu umumnya terdiri dari HDR, Panorama, Night Shot, atau High Speed. Fitur-fitur itu dihadirkan untuk memudahkan penggunanya dalam menghasilkan foto yang bagus sesuai keinginan.

    Nah, untuk menciptakan foto yang keren dengan smartphone, Anda bisa menggunakan fitur-fitur tersebut. Sebagai contoh, untuk merekam foto yang luas dalam satu frame, Anda bisa menggunakan mode panorama. Atau mungkin Anda sering kesulitan memotret pada malam hari? Untuk mengatasinya, gunakan mode night shoot supaya foto yang dihasilkan tidak kabur (blur).
  5. Menggunakan lensa tambahan yang dijual di pasaran.
  6. Seiring meningkatnya jumlah pengguna kamera smartphone, sekrang juga banyak bermunculan produk-produk pendukung kinerja kamera smartphone, salah satunya adalah lensa smartphone. Lensa itu terdiri dari berbagai macam jenis, seperti lensa wide, lensa tele, dan lensa fish eye. Semua lensa itu dibuat untuk membantu mempercantik foto serta memenuhi kebutuhan pengguna.

    Sebagai gambaran, Anda bisa menggunakan lensa tele untuk memotret objek yang jaraknya jauh dari Anda. Anda juga bisa menggunakan lensa wide untuk memotret objek yang luas dalam satu frame. Nah, kalau lensa fish eye, fungsinya untuk memotret objek yang sempit agar terlihat lebih lebar. Dengan bantuan lensa-lensa itu, dijamin, foto Anda akan lebih keren meski cuma memakai smartphone.
  7. Percantik foto dengan aplikasi editor foto.
  8. Selain muncul berbagai macam lensa smartphone, di internet juga bertebaran banyak aplikasi editor foto. Nah, aplikasi-aplikasi ini bisa Anda manfaatkan untuk mempercantik foto Anda. Mempercantik di sini bisa dengan cara mempercerah gambar, meningkatkan kontras, mengubah warna, sampai memotong gambar. Kadang kala, gambar terasa lebih indah jika bagian yang tidak penting dipotong.

    Ada banyak aplikasi editor foto yang bertebaran di internet. Misalnya saja VSCO Cam, Cymera, Snapseed, dan masih banyak yang lainnya. Aplikasi-aplikasi itu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa mengunduhnya secara gratis di internet sesuai kebutuhan Anda.
  9. Ciptakan foto yang di luar dari kebiasaan.
  10. Supaya hasil jepretan foto Anda terlihat bagus dan menarik, cobalah ciptakan foto yang diluar kebiasaan. Misalnya Anda ingin memotret arsitektur bangunan di musim hujan. Cobalah manfaatkan kondisi sekitar. Saat musim hujan datang, kemungkinan akan ada genangan air di jalanan. Nah, manfaatkan lah genangan air itu sebagai cermin pemantul bangunan yang ingin Anda potret. Hasilnya pasti berbeda!

    Sebuah foto yang biasa akan tampak luar biasa kalau diambil dengan sudut pandang yang berbeda. Untuk itu, Anda harus lebih peka terhadap hal-hal yang detail.
Itulah tadi tips menghasilkan foto keren dengan smartphone. Selain menjalankan lima tips di atas, Anda harus rajin-rajin memotret agar kemampuan fotografi Anda terasah dan bisa menciptakan karya-karya fotografi yang keren.

No comments