Header Ads

Tips Jitu Mempercepat Performa Google Chrome dengan Tetap Menjaga Pemakaian RAM

PortalAktual.Info - Di era modern seperti sekarang ini, browsing atau searching di internet adalah hal yang tidak dapat dipisahkan dari aktivitas manusia. Hampir sebagian besar informasi kita dapatkan dengan mudah melalui internet. Untuk bisa melakukan aktivitas browsing, tentu saja kita membutuhkan browser yang mumpuni, yang ringan dan tidak lemot. Dan salah satu browser yang populer dan banyak digunakan saat ini adalah Google Chrome.

Tips Jitu Mempercepat Performa Google Chrome dengan Tetap Menjaga Pemakaian RAM

Meskipun terkenal dengan kecepatannya yang stabil, namun beberapa orang kadang merasa masih kurang puas dan ingin meningkatkan kecepatan dari Google Chrome. Sayangnya beberapa dari trik mempercepat Google Chrome malah memberatkan kinerja RAM. Nah, jika anda mengalami masalah serupa, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa cara meningkatkan performa Google Chrome dengan tetap menjaga pemakaian RAM. Bagaimana caranya?

Tips Mempercepat Performa Google Chrome Dengan Mudah

  1. Efektif menggunakan ekstensi
  2. Adanya ekstensi memang kadang sangat berguna untuk aktivitas browsing anda. Namun di sisi lain, penggunaan ekstensi dapat berakibat pada menurunnya performa Google Chrome. Untuk itu, anda dituntut untuk efektif dalam penggunaan ekstensi ini. Contohnya jika anda adalah orang yang jarang mendownload sesuatu dari internet, sebaiknya non-aktifkan ekstensi download manager pada Google Chrome. Atau anda juga bisa menghapus ekstensi – ekstensi yang tidak dipakai untuk menjaga stabilitas kecepatan dari search engine.
  3. Gunakan One tab dan The Great Suspender
  4. Tak bisa dipungkiri, membuka banyak sekali tab dalam satu waktu dapat membuat performa Google Chrome menurun secara drastis atau lebih parahnya lagi akan mengalami force close. Jika anda memiliki kebiasaan seperti ini, maka sudah saatnya anda menambahkan ekstensi One Tab atau The Great Suspender pada Google Chrome. Ekstensi ini sendiri memiliki fungsi untuk meminimalisir penggunaan tab pada Google Chrome. One Tab memungkinkan anda menutup suatu tab dengan sekali klik lalu mengubahnya menjadi list. Anda dapat membuka tab tersebut kapan saja dengan membuka semua sekaligus atau satu persatu. Selain itu kelebihan lain dari ekstensi ini adalah anda dapat melakukan impor dan ekspor tab sebagai daftar URL.
  5. Data Saver Extension
  6. Tips selanjutnya masih menggunakan ekstensi, namun ekstensi kali ini bernama Data Saver Extension. Data Saver Extension adalah ekstensi yang bekerja dengan memampatkan halaman sebelum dikunjungi sehingga akan mengurangi penggunaan data. Ekstensi ini tentu sangat cocok bagi anda yang memiliki koneksi tidak terlalu cepat dan tidak nyaman dengan loading yang lama. Namun perlu diketahui bahwa koneksi pribadi (HTTPS) atau tab penyamaran tidak akan dioptimalkan karena tidak dilihat Google.
  7. Tutup proses secara manual program yang tidak dipakai
  8. Cara ini adalah cara yang paling mudah untuk meningkatkan kinerja Google Chrome. Anda hanya perlu masuk ke Task Manager dengan cara menekan Shift + Esc lalu lihatlah mana program yang memakan memori paling banyak dan tidak terlalu berguna. Setelah menemukan program yang dimaksud, langsung saja klik end process untuk menghentikan kegiatan dan mengurangi kinerja RAM sehingga performa Google Chrome semakin meningkat.
  9. Buat semua plugin bekerja manual
  10. Fitur Google Chrome yang memungkinkan plugin bekerja secara otomatis ternyata dapat menurunkan performa Google Chrome itu sendiri, untuk itu sangat disarankan agar membuat plugin bekerja secara menual saja dengan cara masuk ke setelan chrome:// settings, klik Content settings under Privacy, scroll ke bawah dan pilih Let me choose when to run plugin content.
Itu dia 5 tips meningkatkan performa Google Chrome tanpa mengganggu kinerja RAM, semoga bermanfaat.

No comments