Header Ads

Tips Jitu Atasi Kuota Smartphone yang Boros Gara-Gara Aplikasi Media Sosial

PortalAktual.Info - Kuota habis pas lagi seru-serunya main Instagram atau pas lagi asyik main Facebook memang menjengkelkan. Apalagi sekarang harga paket data masih terbilang mahal, bagi kebanyakan kalangan. Terlebih buat mereka yang tak bisa lepas dengan media sosial, dan memasang banyak aplikasi media sosoial seperti Instagram, Facebook, Snapcat ataupun Twitter dalam smartphonenya.

Atasi Kuota Smartphone yang Boros Gara-Gara Aplikasi Media Sosial

Lantas, bagaimana cara mengakali agar kuota tetap hemat dan tidak jebol akibat penggunaan aplikasi media sosial tersebut? Berikut kami akan bagikan informasi selengkapnya.

Tips Menghemat Kuota Pada Smartphone Buat yang Gemar Menggunakan Aplikasi Media Sosial

  1. Instagram
  2. Sebagai aplikasi berbagi foto dan video pendek, Instagram banyak digemari karena kaya akan fitur-fitur menarik. Sayangnya, salah satu penyebab Instagram banyak memakan kuota adalah karena adanya fitur yang digemari tersebut. Fitur preloading gambar dan video yang membuat gambar dan video otomatis termuat malah membuat data yang disedot begitu banyak.

    Untungnya, ada fitur lain yang disediakan oleh Instagram untuk lebih bisa menghemat penggunaan data. Fitur tersebut bernama ‘use cellular data’. anda bisa mengaktifkannya dengan cara klik ‘settings; pada halaman ‘profile’ dan tap pada pilihan ‘use cellular data’.
  3. Facebook
  4. Fitur pemutaran otomatis video memang sangat membantu ketika kita sedang menggunakan wi-fi. Tetapi ketika menggunakan data seluler fitur ini malah cenderung merugikan karena terkadang akan memuat video-video yang sebetulnya tidak ingin kita tonton.

    Untungnya, kita bisa menonaktifkan fitur ini. Caranya cukup mudah, pertama-tama buka aplikasi Facebook anda kemudian anda akan menemukan tombol ‘triple line’ di bagian kanan, kemudian pilih ‘setting’. Tap ‘autoplay’ dan pilih ‘on Wifi connection only’ dan ‘never autoplay videos’
  5. Twitter
  6. Penyebab membengkaknya kuota data yang disedot oleh Twitter ternyata tak jauh beda dari Facebook. Video yang belum tentu kita tonton secara otomatis akan diputar oleh Twitter. Selain itu kualitas video yang ditampilkan secara otomatis akan memiliki resolusi tertinggi.

    Twitter tentu saja sudah paham akan hal ini dan memberikan solusinya. Kita bisa secara manual menonaktifkannya. Pertama-tama, klik tombol ‘me’ yang berada dibagian kanan tampilan Twitter. Di halaman profile, tap ikon ‘gear’ dan kemudian pilih ‘setting’. Kita akan menjumpai 'video autoplay' atau 'high quality video'. Pilih pilihan ‘wi-fi only’ untuk tetap bisa menikmati fitur itu ketika mengakses lewat jaringan wi-fi. Atau pilih ‘never’ untuk menonaktifkan fitur itu secara permanen.
  7. Snapchat
  8. Tak terhitung banyaknya gambar dan video pendek yang dibagikan melalui aplikasi Snapchat. Tentu tidak mengagetkan jika karena ini kuota data yang digunakan juga tergolong tinggi. Bahkan ketika tidak sedang digunakan, Snapchat menyedot data sekitar 8Kb per menitnya.

    Untungnya, kita bisa sedikit memperkecil kuota data yang digunakan oleh aplikasi ini. Caranya adalah dengan cara mengaktifkan fitur ‘travel mode’. Caranya relative mudah. Yang pertama harus dilakukan adalah buka aplikasi Snapchat, kemudian scroll kebawah dan kemudian masuk kebagian ‘profile’ pada bagian kanan atas, tap ikon ‘gear’ kemudian cari bagian ‘manage’ dan aktifkan fitur ‘travel mode’
Itulah beberapa cara untuk menghemat kuota data yang disedot oleh beberapa aplikasi sosial media yang sering kita buka. Fitur-fitur diatas sebenarnya memang bukanlah suatu fitur yang baru ataupun fitur yang susah digunakan. Hanya saja masih sedikit pengguna yang menyadari fitur tersebut beserta manfaat pentingnya.

No comments