Header Ads

Ingin Membeli Smartphone Baru? Sebaiknya Pahami Macam-Macam Garansi Ini

PortalAktual.Info - Ada seribu jalan menuju Roma, begitulah pepatah yang kurang lebih memiliki makna ada berbagai macam cara untuk mencapai tujuan. Pepatah ini juga bisa diberlakukan ketika kita ingin membeli smartphone idaman. Dengan semakin majunya jaman, tentu model transaksi jual-beli khususnya smartphone juga mengalami sedikit pergeseran. Dari yang tadinya membeli smartphone hanya bisa dilakukan di mall-mall besar saja, kemudian mulai menjamurnya konter-konter dipinggir jalan, hingga saat ini yang sekarang sedang menjadi tren, transaksi online.

Macam-Macam Garansi Smartphone

Tidak seperti beberapa tahun lalu yang masih kurang begitu diminati karena isu keamanannya, akhir-akhir ini pembelian smartphone melalui system online meningkat drastis. Pasalnya, beberapa situs-situs jual beli online sekarang sudah memberikan fasilitas keamanan yang pasti. Pengembalian barang ketika terjadi sesuatu yang tidak dikehendakipun, saat ini bisa dilakukan dengan mudah dan lancar. Jadi sudah tidak ada lagi alasan untuk tidak berbelanja online.

Sayangnya, barang-barang yang beredar di situs-situs online tersebut tidak semuanya merupakan barang resmi yang benar-benar masuk ke Indonesia. Ada barang-barang yang dijual dengan embel-embel garansi distributor, garansi Internasional ataupun barang black market. Lantas apa yang dimaksud dengan jenis-jenis garansi diatas? Berikut penjelasannya satu persatu.
  1. Smartphone Garansi Resmi
  2. Smartphone dengan garansi resmi adalah smartphone yang secara legal dipasarkan di Indonesia baik melalui toko resmi ataupun distributor yang secara resmi sudah ditunjuk oleh produsen untuk memasarkan dan juga memberikan garansi/jaminan terhadap smartphone tersebut. Garansi bisa diklaim melalui service center resmi dan relatif tidak menyulitkan.

    Smartphone dengan garansi resmi biasanya memiliki menu dalam Bahasa Indonesia. Buku panduan yang disertakan dalam kotak penjualan juga memiliki Bahasa Indonesia. Karena kualitas dan garansi yang terjamin, harga dari smartphone garansi resmi ini cenderung lebih mahal. Namun, kami sangat merekomendasikan untuk memilih smartphone dengan garansi resmi karena walaupun mengeluarkan uang lebih banyak, keamanan dan fasilitas yang diberikan benar-benar terjamin
  3. Garansi Distributor
  4. Smartphone garansi distributor adalah smartphone baru yang secara resmi tidak dijual-belikan untuk pasar Indonesia. Smartphone jenis ini hanya masuk melalui para distributor yang mengimpornya langsung dari negara asalnya. Kalaupun ada, smartphone ini tidak akan bisa diklaim garansinya melalui service center resmi. Klaim garansi hanya bisa dilakukan melalui distributor yang bersangkutan saja dengan kualitas dan kejelasan yang tentu berbeda jauh dibandingkan garansi resmi.

    Kelebihan dari garansi distributor adalah kita bisa mendapatkan smartphone baru yang tidak dirilis di Indonesia dengan harga yang miring. Kami tidak merekomendasikan untuk membeli produk ini karena kejelasan garansinya kurang bisa diandalkan.
  5. Black Market
  6. Smartphone black market adalah smartphone yang secara illegal dimasukan ke Indonesia. Smartphone jenis ini biasanya bekas dan batangan. Akseseoris pendukung dan boks penjualan yang diberikan bukan merupakan barang asli dan merupakan tambahan saja. Garansi yang diberikan hanya garansi tukar baru yang biasanya hanya berlaku 1 x 24 jam saja.

    Karena merupakan barang bekas pakai, tidak jarang smartphone black market memiliki banyak kekurangan-kekurangan. Mulai dari yang tidak mempengaruhi kinerja seperti case yang baret atau lecet sampai kecacatan kinerja seperti layar yang bermaslah, ataupun tidak bisa menangkap sinyal dengan baik.
  7. Garansi Internasional
  8. Smartphone dengan garansi Internasional adalah smartphone yang dipasarkan di Indonesia tetapi memiliki garansi dari negara lain / Internasiona. Tentu saja, klaim garansi tidak bisa dilakuan di service center resmi dan hanya bisa dilakukan di negara asal smartphone tersebut. Tetapi biasanya penjual/distributor akan membantu mengklaim garansi ke negara asalnya.

    Secara kualitas dan keamanan garansi internasional tentu saja lebih baik daripada barang black market ataupun garansi distributor sekalipun. Sebaiknya sebelum membeli smartphone jenis ini terlebih dahulu memastikan tentang klaim garansi tadi kepada penjual.
Pada akhirnya semua kembali kepada diri masing-masing, apakah berani mengambil resiko untuk memiliki smartphone murah dengan kualitas yang tidak jelas, atau menabung sedikit lebih banyak untuk mendapatkan kualitas terbaik.

No comments