Header Ads

Hati-Hati, Cek Tanda dan Gejala Penyakit Jantung Bawaan Ini Pada Bayi Anda

PortalAktual.Info - Pastinya anda sudah familiar dengan salah satu penyakit berbahaya ini. Yup penyakit jantung masih menduduki peringkat atas dalam kategori penyakit mematikan di dunia. Dan salah satu penyebab atau pemicu penyakit ini ialah adanya kelainan genetik, yang dibawa sejak lahir. Yang mana jenis ini sering populer dengan sebutan jantung bawaan.

Gejala Penyakit Jantung Bawaan Ini Pada Bayi

Biasanya hal ini terjadi karena ada masalah perkembanagn awal pada struktur dan fungsi jantung. Penyakit jantung bawaan biasanya sering terdeteksi oleh USG selama kehamilan.

Beberapa dokter mengklasifikasikan kelainan jantung bawaan menjadi dua jenis: kelainan yang menghasilkan oksigen rendah dan kelainan jantung yang masih memiliki tingkat oksigen normal. Bayi yang menderita sesak napas atau kulitnya berubah warna menjadi kebiruan tidak mendapatkan cukup darah karena jantung tidak memompa oksigen sebagaimana mestinya. Ini disebut penyakit jantung sionotik.

Dan berikutnya, untuk bayi dengan kondisi cukup oksigen tapi menderita tekanan darah tinggi, maka sebutan untuk kondisi ini ialah penyakit jantung asionotik.

Tanda-Tanda dan Gejala Penyakit Jantung Bawaan yang Sebaiknya Anda Tahu
  1. Kebiruan pada Mulut dan Ujung Jari
  2. Pada anak-anak dan remaja, penyakit jantung bawaan ditandai dengan kebiruan pada mulut dan ujung jari saat beraktivitas. Pada orang dewasa, biasanya kebiruan ini merupakan fase sangat lanjut dari riwayat sesak napas dan mudah lelah akibat penyakit jantung bawaan. Pada bayi yang baru lahir, kebiruan merupakan tanda penyakit jantung bawaan yang berat. Hal ini harus segera mendapatkan penanganan medis.
  3. Mudah Lelah dan Sesak
  4. Pada bayi, lelah dan sesak napas dapat diketahui dari ketidakmampuan ia menyusui dan keringat dingin yang berlebuh saat menyusui. Sedangkan pada anak dan orang dewasa, gejalanya biasanya berkeringat dingin yang berlebihan saat aktivitas.

    Fungsi jantung yang menurun menyebabkan seseorang penderita penyakit jantung bawaan menjadi mudah lelah dan berkeringat bahkan sesak. Pada kondisi yang terbilang ringan, biasanya penderita mulai merasakan keluhan saat berusi dewasa.

    Pengobatan yang bisa dilakukan saat penderita mengalami sesak napas adalah menggunakan obat atau alat yang bisa digunakan untuk mengendalikan sesak napas. Sesak napas biasanya datang secara tiba-tiba.
  5. Bernapas dengan Cepat
  6. Bernapas dengan cepat atau tersengal-sengal sebaiknya jangan diremehkan begitu saja. Sebaiknya periksa ke dokter untuk mengetahui pengobatan yang seharusnya dijalani.
  7. Susah Menaikkan Berat Badan
  8. Berat badan yang susah naik dan turuk bisa menjadi pertanda bahwa seseorang mengalami penyakit yang serius. Penyakit jantung bawaan menyebabkan distribusi oksigen yang dibutuhkan tubuh untuk metabolism sel tidak cukup baik. Akibatnya, energi yang seharusnya dipakai untuk bertumbuh dan berkembang tidak tercukupi. Penderita biasanya akan terlihat kurus dan kecil.
  9. Sering Sakit
  10. Apabila ada anak yang sering sakit sebaiknya perlu Anda periksakan ke dokter untuk diketahui penyebabnya. Pasalnya, biasanya penderita penyakit jantung bawaan tentan terhadapa infeksi saluran pernapasan dan mejadi mudah sakit-sakitan.
  11. Sering Batuk
  12. Timbulnya batuk secara terus menerus juga bisa menjadi salah satu gejala penyakit jantung bawaan. Gejala ini bisa dialami siapa saja dan bisanya dilami anak-anak.
Selain tanda-tanda yang telah disebutkan di atas, kadang-kadang seorang yang memiliki penyakit jantung bawaan tidak memunculkan gejala sampai bertahun-tahun. Gejala lain yang termasuk dalam penyakit jantung bawaan seperti irama jantung tidak normal, pusing, sering pingsan tiba-tiba, pembengkakakan pada orang tubuh tertentu, kadar oksigen rendah, dan anak biasanya tidak seaktif anak lainnya.

Nah, tanda dan gejala penyakit jantung bawaan di atas dapat terdeteksi ketika penderita masih bayi. Namun dapat pula baru tampak ketika penderita sudah remaja atau bahkan dewasa. Jika Anda mendapatkan gejala seperti di atas, segera periksa ke dokter agar penyakit bisa diatasi sejak dini.

No comments