Header Ads

Cara Aman Dan Mudah Mengobati Penyakit Anemia

PortalAktual.Info - Penyakit animea merupakan kondisi dimana jumlah sel darah merah atau hemoglobin berada dibawah normal. Jumlah hemoglobin normal laki-laki rata-rata mengandung 16 gram hemoglobin per 100 ml. Sedangkan untuk wanita normalnya mengandung 14 gram per 100 ml.

Cara Aman Dan Mudah Mengobati Penyakit Anemia

Jika Anda terkena anemia, biasanya Anda akan cepat lelah, lemas, gelisah, pucat dan terkadang sesak. Sebenarnya untuk mengobati anemia sangatlah mudah, Anda cukup mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi yang tinggi. Dan berikut beberapa contohnya asupan terbaik untuk mengobati penyakit anemia.
  1. Telur
  2. Kandungan protein yang tinggi dalam telur mampu membantu memproduksi sel darah merah dalam tubuh. Anda bisa merebus telur sampai matang. Untuk menambah cita rasa, Anda bisa menambahkan daun bawang kedalam air rebusan. Dalam merebus telur, cukup membutuhkan 30 menit sampai telur matang dan siap untuk disantap.
  3. Konsumsi Buah-buahan
  4. Selain sayuran, untuk memperoleh zat besi, Anda juga bisa mengkonsumsi buah-buahan. Sama seperti sayuran, buah-buahan juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Buah-buahan yang diajurkan untuk penderita anemia yaitu kismis, apel, anggur, semangka dan alpukat.
  5. Konsumsi Sayuran
  6. Sayuran yang berdaun hijau pasti memiliki zat besi yang tinggi, dimana zat besi tersebut merupakan bahan untuk memproduksi hemoglobin. Semakin banyak Anda konsumsi sayuran, maka penyembuhan anemia semakin cepat.

    Sayuran hijau yang memiliki zat besi tinggi antara lain bayam, seledri, kol, kangkung dan kubis. Namun dalam pengolahannya, Anda harus menjaga zat besi tersebut agar tidak hilang.

    Caranya Anda bisa memasak dengan metode direbus dibanding digoreng atau yang lainnya. Selain itu saat memasak sayuran, hendaklah menutup panci karena ketika tutp panci itu terus dibuka maka kandungan zat besi akan semakin menipis bahkan hilang.
  7. Konsumsi Daging
  8. Untuk memproduksi hemoglobin, diperlukan mineral pendukung seperti zat besi, vitamin B12 dan asam float. Mengkonsumsi daging juga merupakan jalan keluar untuk mengobati anemia.

    Karena didalam daging, terdapat kandungan vitamin B 12 dan asam float yang bermanfaat untuk meningkatkan jumlah sel darah merah.
  9. Hati Ayam
  10. Cara cepat untuk mengobati anemia yaitu bisa menggunakan hati ayam. Selain untuk mengobati anemia, hati ayam juga mampu menambah stamina dan tenaga.

    Untuk mengkonsumsinya, Anda bisa mencampurkan hati ayam dengan lauk yang lain seperti tempe atau tahu. Selain itu juga bisa diolah dengan tim. Konsumsilah hati ayam ini sebanyak dua kali sehari.
  11. Hindarilah Makanan dan Minuman yang Mengahambat Penyerapan Zat Besi.
  12. Ada beberapa makanan atau minuman yang menjadi pantangan bagi penderita anemia. Makanan atau minuman tersebut mampu menghambat penyerapan zat besi. Jika Anda masih dalam keadaan anemia, maka akan memperparah anemia Anda.

    Jenis makanan yang sebaiknya dihindari:
    • Kacang keniri
    • Kopi
    • Daun mint
    • Daun seledri
    • Daun Kemangi
    • Stowberi
  13. Madu
  14. Sejak zaman dahulu, madu memang menjadi obat dari segala penyakit. Karena memang madu mempunyai berbagai mineral bermanfaat buat tubuh. Dalam mengkonsumsi madu, Anda bisa campurkan madu dengan susu atau campuran makanan lain.
  15. Kurma
  16. Selain sebagai anjuran makanan untuk berbuka puasa, kurma juga kaya akan zat besi, vitamin B, vitamin C, antioksidan dan kompleks. Anda bisa memakan buah kurma sebanyak 5 sekali makan dan Anda bisa campurkan kurma dengan susu atau makanan lain.
  17. Mandi Air Dingin
  18. Mungkin terdengar asing di telinga Anda jika mandi dengan air dingin bisa mengobati anemia. Ternyata dengan mandi air angin akan meningkatkan sirkulasi darah. Sehingga suhu tubuh akan diatur ulang dan gejala anemia bisa teratasi. Namun ketika Anda masih dalam keadaan demam, janganlah coba-coba mandi air dingin. Nanti justru akan memperparah penyakit Anda.
Demikian Cara Aman Dan Mudah Mengobati Penyakit Anemia, semoga Informasi yang singkat ini bisa memberikan solusi buat anda.

No comments