Header Ads

5 Hal Ini Wajib Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone

PortalAktual.Info - Ketergantungan terhadap smartphone di era globalisasi ini semakin meningkat. Ponsel pintar atau ponsel genggam yang tadinya hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja sekarang banyak digunakan untuk membantu menyelesaikan pekerjaannya. Bahkan, akhir-akhir ini muncul berbagai pekerjaan yang mengandalkan ponsel pintar.

Wajib Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone

Ditengah banyaknya ponsel pintar yang beredar, tentu kita sebagai konsumen harus pandai memilih ponsel pintar yang sesuai dengan kebutuhan kita. Jangan sampai kita salah pilih membeli smartphone yang tidak cocok untuk kebutuhan kita. Nah, berikut saya akan bagikan beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum membeli ponsel pintar.
  1. Memori Internal dan Ketersediaan Slot Micro SD
  2. Ponsel pintar masa kini biasanya sudah menyertakan penyimpanan internal yang cukup besar. Jarang sekali ada smartphone yang dibekali penyimpanan internal kurang dari 8 GB. Untuk pemakaian standar, tentu saja ini lebih dari cukup untuk sekedar menginstal beberapa aplikasi dan games standar. Tetapi jika anda adalah seorang pencinta musik ataupun film, tentu kapasitas tersebut kurang lega untuk menyimpan file film ataupun musik anda. Solusinya adalah menggunakan Micro SD sebagai penyimpanan eksternal. Sayangnya, saat ini tak semua smartphone menyediakan slot Micro SD, jadi pastikan dulu smartphone yang anda incar memiliki slot micro sd.
  3. Ukuran Layar
  4. Ukuran layar smartphone yang kini beredar cukup beragam dan bisa disesuaikan oleh kebutuhan masing-masing. anda adalah seorang yang ringkas dan tidak nyaman dengan smartphone berukuran jumbo? Pilih smarthphone dengan layar 5” – 5.2”. anda sering menggunakan smartphone untuk menonton video atau bermain game tetapi masih tetap terlihat ringkas? Layar 5.5 inch adalah solusinya. Atau anda penyuka layar besar yang tak masalah dengan smartphone jumbo? Tenang, pilihan layar 5.7 – 6.4 inch masih tersedia di pasaran.
  5. Kapasitas Baterai
  6. Kehabisan baterai disaat-saat penting memang menjengkelkan, disaat inilah memiliki ponsel dengan kapasitas baterai besar memang sepertinya terlihat menggiurkan. Tetapi jangan salah, kapasitas baterai besar bukanlah solusi bagi semua orang.

    Bagi anda yang bekerja di lapangan dan banyak menggunakan ponsel untuk memotret, tentu memiliki baterai badak sangat membantu. Tetapi untuk anda dengan pemakaian ponsel yang tidak begitu ekstrim? Baterai berkapasitas besar tidaklah begitu penting. Perlu diingat juga, kapasitas baterai yang besar sering kali membuat badan smartphone membengkak dan tentu saja menjadi kurang praktis.
  7. Peforma
  8. Peforma tentu saja merupakan aspek penting dari sebuah gadget. Buat apa membeli smartphone masa kini jika peformanya biasa-biasa saja. Terlebih buat anda penyuka game smartphone dengan grafis tinggi ataupun penggunaan multitasking secara ekstrem, smartphone dengan spesifikasi mumpuni merupakan keharusan. Dan tentunya tidak harus berpatokan dari harga, karena ada beberapa merek smartphone yang menjual produk berspesifikasi tinggi dengan harga yang terbilang murah, jika dibanding merek kebanyakan.
  9. Kamera
  10. Bagi sebagian orang, kamera dengan hasil foto bagus adalah hal yang wajib dimiliki dari sebuah smartphone. Khususnya buat anda yang menggilai foto selfie. Dan saat ini tak perlu khawatir, karena telah banyak tersedia produk-produk yang mengedepankan keunggulan kamera depannya. Dan untuk anda yang lebih suka berfoto dengan kamera belakang, tentu saja produk-produk yang mengedepankan kamera belakang tersebut juga banyak sekali beredar di pasaran.
Nah itu dia tips yang harus diperhatikan sebelum beli smartphone baru. Sebagai bahan referensi, selain browsing di berbagai web yang membahas hal-hal seputar gadged, juga bisa dilakukan dengan melihat review-reviewnya di youtube.

No comments