Header Ads

Jajanan pasar dari tepung beras yang disuka semua usia

PortalAktual.infoJajanan pasar dari tepung beras, Berbicara soal jajanan tentu kita akan terbawa kembali pada kenangan masa kecil yang selalu meminta jatah uang khusus buat jajan di sekolah maupun tempat bermain. Dulu kita banyak mengenal jajanan sekolah dan pasar yang rasanya begitu enak hingga hampir tiap hari membelinya, namun sebenarnya jajanan ini bukan hanya untuk anak kecil lho, orang tua juga suka dengan jajanan-jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras atau kelapa dan lain-lainnya.

Khusus kali ini kita akan uraikan beberapa jenis jajanan pasar yang terbuat dari tepung beras yang banyak disukai oleh anak-anak dan juga orang tua. Hampir setiap kali ibu-ibu rumah tangga mau pergi ke pasar, selalu menyisihkan uang belanjaannya khusus untuk membeli jajanan pasar ini, baik itu karena dititip suami atau anak, ataupun memang inisiatif si ibu tersebut yang mau beli sendiri buat sarapan keluarga di pagi hari.

Berikut ini beberapa jajanan pasar yang terbuat dari tepung beras dan banyak disukai oleh anak-anak dan orang tua.
  1. Kue cucur
  2. Kue cucur ini dalam bahasa melayu adalah Kuih cucur merupakan jenis kue kudapan tradisional di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia dan Thailand Selatan. Kalau di Indonesia kue cucur ini sangat mudah ditemukan di hampir semua pasar tradisional dan menjadi jajanan khas yang banyak disukai semua kalangan usia. Kue cucur paling terkenal adalah yang versi Betawi atau Jakarta. Kue ini terbuat dari Tepung Beras, Tepung terigu, garam dan juga gula merah sebagai pemanis yang diolah dengan cara digoreng.
    Jajanan Pasar Kue Cucur
  3. Kue Lapis
  4. Jika kue cucur banyak juga terdapat di negara lain di Asia Tenggara seperti Malaysia dan Thailand, Kue lapis ini benar-benar khas Indonesia. dibuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam dan pewarna. Kue ini biasa terdiri dari dua warna atau lebih yang berlapis-lapis, dan karena itu kue ini dinamai dengan kue lapis. Dimasak dengan cara dikukus setiap lapisannya sebelum kemudian lapisan di atasnya ditambahkan. Kue ini menjadi jajanan wajib yang mesti dibeli para ibu-ibu yang sedang belanja ke pasar tradisional di Indonesia. teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis disukai oleh semua kalangan usia.
    Kue Lapis jajanan pasar
  5. Kue Mangkok
  6. Kenapa kue ini dinamai dengan kue mangkok, karena memang bentuknya yang menyerupai mangkok dan mekar di atasnya. Kue ini merupakan kudapan khas Indonesia yang banyak terdapat di pasar-pasar tradisional. Bahan pembuat kue mangkok ini adalah tepung beras, tepung terigu dan tapai singkong yang dimasak dengan cara dikukus. Kurang pas rasanya jika ibu-ibu pergi ke pasar tanpa membeli jajanan ini.
    Kue mangkok jajanan pasar
  7. Kue Serabi
  8. Makanan khas Indonesia ini memiliki nama yang beragam yang terletak pada penyebutan di huruf keudanya, ada yang bilang Serabi, ada juga Surabi,Sorabi dan juga Srabi. Namun apapun sebutannya kue ini benar-benar memiliki rasa yang sangat legit dan wanginyapun khas, apalagi Kue serabi yang dimasak pakai tungku, rasanya lebih khas. Kue Serabi sendiri ada dua jenis, yaitu serabi manis yang menggunakan kinca (gula merah cair) dan serabi asin dengan atau tanpa taburan oncom yang telah dibumbui di atasnya. Kue serabi merupakan salah satu jajanan pasar paling popular di Indonesia.
    Jajanan pasar Kue Serabi
  9. Kue Nagasari
  10. Kue Nagasari ini merupakan jenis jajanan pasar tradisional yang sangat saya sukai. Aromanya sangat khas karena dibungkus dengan daun pisang. Terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula yang diisi pisang (biasa menggunakan pisang raja), dibalut daun pisang kemudian dikukus. Nagasari ini sendiri berasal dari Jepara. Kalau Di Makassar, kue ini di sebut Roko roko unti, yang di klaim berasal dari Makassar. Namun darimanapun kue ini berasal, yang pasti sudah menjadi santapan khas masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.
    Kue Nagasari Jajanan pasar
Demikianlah beberapa jenis jajanan pasar dari tepung beras yang banyak diminati dikalangan masyarakat Indonesia. tentu saja masih banyak lagi jenis makanan khas lainnya yang tidak kalah enak dari yang kami uraikan di atas, karena Indonesia ini begitu kaya akan makanan-makanan tradisional dan kaya akan rasa. Apakah anda juga penyuka jenis kue-kue di atas? ayo share jajanan pasar favorit kamu di sini. semoga bermanfaat.

No comments