Header Ads

Inilah Makanan yang banyak mengadung protein

PortalAktual.infoMakanan yang banyak mengadung protein. Sebelum kami uraikan satu persatu beberapa jenis makanan yang banyak mengandung protein, ada baiknya kita ulas dulu apa sebenarnya protein dan apa kegunaannya untuk tubuh.

Protein berasal dari dari bahasa yunani protos yang berarti "yang paling utama" merupakan senyawa organik kompleks berbobot molekul tinggi yang merupakan polimer dari monomer asam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida. Molekul protein mengandung karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan kadang kala sulfur serta fosfor. Protein berperan penting dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup dan virus.

Fungsi enzim pada umumnya merupakan enzim atau subunit enzim, namun ada juga jenis protein yang berfungsi dalam struktural atau mekanis, misalnya protein yang membentuk batang dan sendi sitoskeleton. Protein terlibat dalam sistem imun sebagai antibodi, sistem kendali dalam bentuk hormon, sebagai komponen penyimpanan (dalam biji) dan juga dalam transportasi hara. Sebagai salah satu sumber gizi, protein berperan sebagai sumber asam amino bagi organisme yang tidak mampu membentuk asam amino tersebut (heterotrof).

Dari fungsi protein di atas, dapat disimpulkan bahwa protein sangat berperan penting untuk mendukung kesehatan tubuh kita. Lalu bagaimana kita mencukupi kebutuhan protein untuk tubuh? sebaiknya kenali jenis-jenis makanan yang banyak mengandung protein, sehingga kita bisa memilah-milah makanan yang bagus untuk tubuh. Berikut ini beberapa jenis makanan yang banyak megandung protein yang mungkin bisa anda gunakan sebagai referensi :

  1. Daging
  2. Merupakan bagian dalam hewan yang lunak dan dibunkgus kulit dan melekat pada tulang, bagian ini bisa dijadikan bahan makanan yang mengandung protein yang sangat tinggi. Ada banyak jenis daging yang diperdagangkan di pasaran, seperti daging yang berasal dari sapi, kerbau, kambing, domba dan lain-lainnya. Daging-daging ini diperjual-belikan dalam bentuk potongan-potongan. Tentu saja dalam hal ini daging ikan dan daging jenis unggas tidak termasuk dalam golongan ini.
    Daging
  3. Ikan
  4. Ikan ini merupakan jenis hewan berdarah dingin yang hidup di air dan bernafas dengan insang. Ikan memiliki sangat banyak spesis dan memiliki rasa yang sangat gurih. Selain rasanya yang gurih, ikan juga memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Untuk usia anak dalam pertumbuhan, daging ikan ini sangat baik untuk kecerdasan si anak.
    Ikan
  5. Telur
  6. Ada banyak jenis telur, namun yang umum dikonsumsi adalah jenis telur yang berasal dari hewan jenis unggas, seperti ayam, bebek, angsa dan juga puyuh. Kandungan protein dalam telur juga tidak kalah tinggi sama daging dan ikan, selain itu harganya juga relatif terjangkau semua kalangan ekonomi. Jika kesulitan untuk mendapatkan daging atau ikan, cukupilah kebutuhan protein anda dengan mengkonsumsi telur.
    Telur
  7. Susu
  8. Susu berasal dari kelenjar susu mamalia, seperti sapi, domba dan lain-lainnya. Susu ini berwarna putih, untuk bayi yang baru lahir susu merupakan sumber gizi utama bagi mereka. Namun susu juga memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan baik dikonsumsi rutin setiap hari untuk semua kalangan usia. Saat ini begitu banyak olahan susu yang dikemas dalam berbagai bentuk kemasan, seperti yogurt, susu kental manis, bubuk, keju dll.
    Susu
  9. Kacang-kacangan
  10. Jika anda ingin mendapatkan sumber protein dari tumbuhan, banyak jenis dari kacang-kacangan yang memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan mudah didapatkan dan juga mudah untuk diolah dalam bentuk olahan makanan yang bervariasi, seperti direbus, digoreng atau dipanggang. Jenis kacang-kacangan tersebut seperti Kacang tanah, Kacang Kedelai, Kacang Merah dll.
    Kacang
Demikian beberapa jenis makanan yang banyak mengandung protein dan bagus untuk kesehatan tubuh. Walaupun jenis makanan di atas sangat berguna untuk tubuh, namun tetap harus dijaga komposisinya, jangan sampai berlebihan juga. Makanlah secukupnya dan jangan berlebihan dan jangan juga sampai kekurangan. Semoga informasi yang sedikit ini berguna untuk anda yang ingin hidup sehat dengan pola makan yang sehat.

No comments