Header Ads

Cara Praktis dan Aman Atasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

PortalAktual.Info - Seringkali Anda sebagai ibu merasa khawatir jika bayi sedang mengalami pilek atau hidung tersumbat, karena biasanya bayi akan rewel jika sedang pilek, terlebih jika pileknya cukup parah hingga menyebabkan susah bernafas. Mengatasi hidung tersumbat pada bayi memang bisa membuat panik dan pusing. Namun sebagai orang tua, Anda harus tetap tenang dan melakukan beberapa cara untuk mengatasinya.

Mengatasi hidung tersumbat pada bayi

Di tahun pertamanya, bayi memang akan lebih mudah terkena sakit pilek atau flu. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara tradisional dan aman yang dapat Anda lakukan di rumah. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang paling umum dilakukan ketika hidung bayi tersumbat.

Tips Mengatasi Hidung Bayi Tersumbat
  1. Hangatkan Tubuh Bayi
  2. Memberi kehangatan pada bayi baik bisa dilakukan dengan didekap dengan penuh rasa cinta dan kasih, diselimuti dengan selimut yang hangat dan menggendongnya di depan/luar rumah agar terkena sinar matahari pagi atau dengan memandikannya dengan air hangat. Hindari bayi dari kipas angin dan AC, serta oleskan minyak telon disertai pijatan lembut di perut bayi, punggungnya serta dada agar tubuh bayi hangat.
  3. Memijat Hidung Bayi
  4. Pijat hidung bagian atas bayi dengan sedikit olesan minyak telon secara lembut tepat. Cara ini dapat membantu mengeluarkan lender dalam hidung yang menghalangi pernafasan. Saat memijat usahakan dilengkapi sapu tangan lembut dan cotton bud yang lembab. Lakukan dengan hati-hati dan harus benar-benar dengan cara lembut.
  5. Penguapan Secara Alami
  6. Inhalasi atau juga dikenal terapi uap dengan terapi memberikan uap dari air panas yang terlebih dahulu sudah ditetesi minyak telon. Menghirup uap dari air hangat tersebut membantu bayi melegakan hidung yang sedang tersumbat. Caranya, atur posisi bayi telungkup dengan menggendongnya erat-erat dan dekatkan hidungnya ke arah uap yang keluar. Lakukan cara ini dengan hati-hati.
  7. Larutan Garam
  8. Air larutan garam dipercaya bisa mencairkan ingus pada bayi. Selain itu, larutan garam juga dapat memperlancar sumbatan yang terjadi pada hidung dan mengembalikan kealamian selaput di bagian hidung. Caranya larutkan setengah sendok makan garam pada gelas yang berisi air hangat. Kemudian masukan larutan tadi dalam semprotan untuk hidung bayi atau Anda dapat menggunakan pipet untuk bayi. Setelah itu, teteskan larutan tersebut ke dalam hidung bayi sebanyak dua kali. Lakukan cara ini setiap hari minimal 3 kali. Saya sarankan untuk tetap berhati-hati dalam melakukannya.
  9. Mengatur posisi tidur bayi.
  10. Aturlah posisi tidur bayi. Miringkan posisi badan bayi ke kiri jika hidung yang tersumbat adalah hidung sebelah kanan, sebaliknya miringkan posisi tidur bayi ke kanan jika hidung kiri bayi tersumbat. Cara ini dapat membantu melegakan sistem pernafasan bayi yang sedang tersumbat.
  11. Usahakan jauhi obat antibiotik.
  12. Bayi pada usia 1-4 tahun, memang sering sakit, batuk, pilek, ataupun radang, sebenarnya saai itu tubuh bayi dalam proses membangun sistem antibodi. Terapkan pengobatan alami dan jangan bergantung obat antibiotik.

    Cobalah untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan memberikan makanan sehat dan bergizi. Usahakan yang masih menyusui bayi juga harus konsumsi makanan sehat dan bergizi agar bayinya sehat, hindari fastfood, junkfood dan sejenisnya.
Nah, itu tadi beberapa tips sederhana cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi dengan menggunakan cara alami. Jika hidung tersumbat tidak kunjung sembuh, segera periksakan si kecil ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai. Semoga bermanfaat

No comments