Header Ads

Resep Cara Membuat Es Lilin Tape Singkong

Pasti tau kan dengan es lilin yang mungkin jajanan favorit saat kita masih kecil hingga sekarang. Es lilin bisa dibuat sendiri dirumah dengan bantuan bahan bahan es lilin dengan aneka rasa dan juga lemari es untuk mendinginkan. Bagi anda yang memiliki lemari es dengan freezer yang big size (ukuran besar) bisa membuat es lilin yang banyak.

Es lilin yang akan kita praktekkan kali ini di resep masakan jawa adalah es lilin tape singkong, wow pastinya sangat enak dan juga sangat segar manis. Tape singkong bisa kita buat sendiri atau yang lebih praktis bisa kita beli di penjual tape yang biasanya berjualan keliling ataupun di pasar tradisional. Jangan lupa kita membeli bungkus plastik tempat membuat es yang bisa kita beli di toko terdekat anda.

Untuk mengikat es lilin atau es mambo ini kita membutuhkan karet gelang. Nah sekarang tinggal kita beli bahan bahannya yang kita bisa lihat di bawah ini.

Bahan es lilin tape singkong :

  • 650 gram tape singkong
  • 3 liter air
  • 1 kaleng susu kental manis vanilla 
  • 1 sendok teh garam
  • 50 gram gula aren
  • 4 sendok makan tepung maizena
  • 400 gram gula pasir bisa anda kurangi
  • 4 lembar daun pandan
  1. Kita rebus 3 liter air dengan gula pasir hingga mendidih dan saring.
  2. Kita masukkan susu kental manis, tape dan sedikit air rebusan gula dalam blender. Kemudian blender hingga tercampur rata.
  3. Kemudian masak campuran tape dengan rebusan gula pasir dan masukkan pandan dan juga larutan maizena.
  4. Aduk dan didihkan kemudian angkat. Biakan dingin.
  5. Setelah itu masukkan dalam kemasan plastik dan ikat dengan karet gelang.
  6. Lakukan hal yang sama hingga habis.
  7. Terakhir masukkan dalam frezer dan setelah padat siap untuk dihidangkan.
Selamat mencoba membuat es lilin tape singkong, semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa untuk mencoba membuat es lilin tape singkong yang sedap dan segar. Lihat resep lainnya yang sangat enak yaitu resep urap mentah.

No comments