Header Ads

Penyebab Dan Cara Mengatasi Android Yang Lemot / Lambat

Fokus Info - Android yang semakin populer dan semakin banyak pengguna membuat smartphone android sangat laris di pasaran. Namun, apa yang terjadi ketika Anda memiliki smartphone android yang sangat dan super lemot? Pasti nya akan kesal dan rasanya ingin sekali untuk ganti dan membeli smartphone android yang baru, spesifikasi nya lebih tinggi, lebih canggih, terbaru, dan terlaris. 

Namun saya sarankan untuk tidak membeli smartphone yang baru. Selain mengeluarkan uang yang tidak sedikit, ini akan membuat Anda semakin boros. Jangan terlalu mengikuti tren, jika ada smartphone android yang baru, yang lebih canggih, lalu beli. Itu pernyataan dan tindakan yang salah besar, jika keinginan itu hanya untuk memuaskan hasrat gengsi Anda. Kembali ke topik.


Sebelum Anda akan membeli ponsel android yang baru karena ponsel android yang Anda pakai sekarang benar-benar lemot, berikut adalah penyebab dan cara mengatasi ponsel Android agar tidak lemot atau lambat.



Ilustrasi Android Lemot Dan Lambat

Penyebab Dan Cara Smartphone Android Yang Lemot / Lambat:

1. Memori Internal Penuh

Memori internal penuh adalah salah satu penyebab lemot nya ponsel android Anda. Ini juga merupakan salah satu faktor mengapa Anda tidak bisa menginstall aplikasi di smartphone android. Karena sering saya jumpai teman saya yang tidak bisa menginstall lagi aplikasi di ponsel android. 

Agar mengurangi kapasitas memori internal pada ponsel android Anda, disarankan untuk memindah berkas-berkas dan file yang sangat penting di memori external. Misalnya foto hasil screenshot yang otomatis tersimpan di memori internal, atau musik yang baru saja Anda download dari browser seperti UC Browser atau Chrome.

2. Install Aplikasi Tidak Di Memori Eksternal

Secara tidak sadar, jika Anda menginstall aplikasi dan game dari Google Play Store, maka itu akan menambah kapasitas memori internalIni juga merupakan salah satu faktor mengapa Anda tidak bisa menginstall aplikasi di smartphone android. Karena sering saya jumpai teman saya yang tidak bisa menginstall lagi aplikasi di ponsel android.

Solusi dari penyebab ini adalah untuk tidak mendownload aplikasi dari Google Play Store. Karena jika Anda mendownload aplikasi dari Google Play Store, maka aplikasi yang didownload akan otomatis tersimpan di memori internal dan akan menambah kapasitas memori internal Anda. Maka saya sarankan untuk mendownload aplikasi tidak dari Google Play Store seperti situs APK mirror, APK downloader, Jalan Tikus atau dari Komputer. (Baca jugaCara Download Aplikasi Android di Play Store Melalui PC/Komputer)

Setelah Anda mendownload aplikasi dari luar Google Play Store, pindah aplikasi itu di memori eksternal, lalu install aplikasi nya. Dengan cara ini, maka secara otomatis Anda menginstall dan menyimpan aplikasi di memori eksternal.

3. Terlalu Banyak Widget

Sebenarnya setiap orang mengetahui hal ini, jika terlalu banyak widget yang terpasang di ponsel android akan menjadi lemot. Untuk itu, saya sarankan untuk tidak memasang widget yang tidak penting untuk kebutuhan ponsel Anda. Pasanglah widget yang penting saja seperti jam.

Dan satu lagi, memasang Live Wallpaper juga akan membuat ponsel android Anda lemot atau lambat. Disarankan untuk tidak memakai live wallpaper pada ponsel android Anda. Gunakanlah wallpaper yang berformat gambar saja.


4. Menggunakan Aplikasi Launcher

Selain memasang live wallpaper dan widget yang tidak penting, memasang aplikasi Launcher juga akan memperlambat kinerja ponsel android Anda. Aplikasi launcher adalah aplikasi yang bertujuan untuk memperindah tampilan ponsel android dengan cara mengubah tema pada ponsel android. Contohnya aplikasi Go Launcher.


5. Terlalu Banyak Aplikasi Yang Diinstall

Banyak nya aplikasi yang diinstall pada ponsel android akan menyebabkan ponsel Anda lemot. Apalagi jika spesifikasi smartphone android Anda tidak memungkinkan. Disarankan menginstall aplikasi yang sering digunakan dan yang penting saja. Dan uninstall aplikasi yang jarang atau mungkin tidak pernah dipakai. (Baca juga12 Game Android Tersulit 2015 Sumpah, Susah Banget!)


6. Tidak Menutup Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Menggunakan banyak aplikasi secara bersamaan sangat tidak disarankan. Maka dari itu disarankan untuk pengguna android menutup aplikasi android ketika aplikasi itu tidak dipakai. Karena aplikasi yang sedang bekerja tentu saja membutuhkan dan akan mengurangi memory RAM, dan jika kita lupa atau sengaja tidak menutup beberapa aplikasi yang baru saja dibuka, ini akan membuat kinerja perangkat android Anda menjadi lemot atau lambat dari biasanya.


7. Cache Penuh

Cache juga bisa disebut history jika pada browser atau sisa-sisa bekas data penyimpanan berkelanjutan aplikasi yang baru saja dijalankan. Untuk mencegah perangkat ponsel menjadi lemot, bersihkan lah cache pada ponsel android Anda. Dengan cara masuk ke Pengaturan, kemudian Anda tinggal pilih Cached Files dan klik OK untuk membersihkannya. Atau dengan aplikasi pembersih cache atau junk file seperti aplikasi Clean Master.

Disini saya tidak menyarankan untuk menginstall aplikasi dengan tujuan untuk membersihkan cache atau junk file. Alasannya adalah karena aplikasi tersebut juga akan memenuhi memori internal Anda.

8. Penggunaan Auto Rotate

Auto Rotate adalah salah satu fitur didalam perangkat android yang bertujuan untuk mengubah tampilan layar agar sesuai dengan keinginan kita, yaitu tampilan screen horizantal dan screen vertical secara otomatis.

Disarankan untuk tidak mengaktifkan fitur auto rotate jika tidak diperlukan untuk membantu mempercepat kinerja perangkat ponsel android Anda.


9. Penggunaan Auto Brightness

Fitur auto brightness ini adalah fitur yang berfungsi untuk mengetahui intensitas cahaya yang diterima oleh perangkat Android Anda. Dengan fitur Auto Brightness maka intensitas cahaya pada Android akan menyesuaikan dengan keadaan cahaya yang ada disekitar kita. Selain dapat membuat Android lebih lambat, kerugian lainnya adalah baterai ponsel akan cepat habis.


10. Menumpuk SMS Dan Berkas Lain Dari Aplikasi

Banyak sekali orang yang tidak mengetahui hal ini, jika menumpuk dan menyimpan SMS akan mengurangi kapasitas RAM pada perangkat android Anda. Selain SMS, menyimpan dan membiarkan berkas-berkas seperti chat, foto, history yang ada di aplikasi, maka secara otomatis akan mengurangi kapasitas memory RAM dan akan memperlambat kinerja ponsel android Anda.


Anda sudah mencoba tips dan trik cara mengatasi android lemot dan lambat?




No comments