Header Ads

Remaja Usia 15 Tahun ini Berhasil Menemukan Planet Baru


Fokus InfoRemaja Usia 15 Tahun ini Berhasil Menemukan Planet Baru - Pernahkah anda berpikir untuk menemukan sebuah planet baru yang belum diketahui keberadaannya oleh orang lain, bagimana perasaan anda ?? terlebih lagi usia anda saat melakukannya masih sangat muda yakini 15 tahun.

Seorang bocah berumur 15 tahun yang bernama Tom Wagg ini berhasil menemukan sebuah planet baru yang memiliki jarak 1000 tahun cahaya dari planet Bumi kita tercinta ini. Planet dengan nama WASP-142b ini ditemukan Wagg ketika sedang magang di Keele University, Inggris dua tahun yang lalu. Planet yang mengitari sebuah bintang di luar tata surya kita ini membutuhkan waktu hingga dua tahun agar dapat diakui dan dikonfirmasi.


WASP-142b memiliki ukuran yang mirip dengan Planet Jupiter dan ditemukan oleh Wagg ketika ia sedang bekerja di proyek UK-led WASP (Wide Angle Search for Planets). Menurut namanya, planet ini merupakan planet ke-142 yang ditemukan selama proyek tersebut dilaksanakan.

Karena pencapaian mengagumkannya tersebut, Tom Wagg dinobatkan menjadi orang termuda yang berhasil menemukan planet baru versi Keele University. Dilansir dari Gizmodo, usaha Wagg memang tidak mudah. Ia berhasil menemukan planet baru tersebut setelah mengamati bintang yang tiba-tiba meredup akibat terhalang oleh sebuah obyek. Setelah diamat kembali tampaknya obyek tersebut ialah planet, yang ketika peristiwa itu terjadi, berada di antara bintang yang sedang diamati dengan teleskop oleh Wagg.

No comments