Header Ads

Penerbangan Menengah Untuk Para Pelancong

Pesawat Kalstar Aviation

Bila Anda mencari sebuah perusahaan penerbangan yang berbasis di Serpon, maka pesawat Kalstar Kalstar Aviation menjadi jawaban yang bagus. Secara umum, Kalstar Aviation digolongkan ke dalam kategori 2 oleh Otoritas Penerbangan Sipil Indonesia. Setelah mendapatkan izin terbang dari Direktorat Pengawasan Udara Kementerian Perhubungan Indonesia, Kalstar Aviation akhirnya mendapat lisensi untuk melayani 22 rute regional dan 95 rute domestik pada tahun 2007. Dalam sejarahnya, Kalstar Aviation menunjukkan komitmen untuk menghubungkan dan melayani orang-orang yang berniat mengunjungi daerah-daerah tertentu di sebuah provinsi. Perusahaan penerbangan tersebut bahkan berencana menambah rute penerbangan ke sejumlah rute di wilayah Indonesia Bagian Timur, seperti Nusa Tenggara dan Kalimantan. Segmen yang disasar oleh Kalstar Aviation adalah segmen medium-service. Segmen di golongan ini tampaknya ditujukan untuk rute penerbangan yang tidak membutuhkan sumber daya pesawat yang besar.

Dan ya, boleh dibilang bahwa armada pesawat Kalstar Aviation tidaklah sekuat armada lain, yang punya nama besar serta armada yang berjumlah lebih dari 50 pesawat. Perusahaan penerbangan tersebut tergolong kecil dan hanya memiliki armada tidak lebih dari 50 pesawat. Meski demikian, perusahaan tersebut memiliki slogan berbunyi “Fly Smart with Us”. Dengan slogan tersebut, mereka menerapkan visi sebagai maskapai kelas menengah terbaik untuk beberapa kategori seperti penerbangan, layanan di atas udara, dan rute penerbangan. Singkat kata, keamanan dan kenyamanan pelanggan merupakan tujuan yang disasar oleh perusahaan penerbangan tersebut.

Meski berbasis di Serpong dan baru mendapat izin terbang pada tahun 2007, Kalstar Aviation memulainya dari Kalimantan pada tahun 2000. Ketika itu perusahaan tersebut bernama PT. Kal Star Nusantara, yang awalnya bekerjasama dengan maskapai lain untuk melayani para pelanggan terbang ke sejumlah kota. Ketika berubah nama pada tahun 2007, Kalstar Aviation mengoperasikan pesawat ATR 42-300 yang dibeli dari Perancis. Rute dari dan ke Jawa, Nusa Tenggara, dan Kalimantan adalah rute rintisan yang ditempuh oleh Kalstar di awal berdirinya.

Kekuatan Pesawat Kalstar Aviation

Karena statusnya sebagai perusahaan penerbangan kategori 2, atau kelas menengah, pesawat Kalstar Aviation tidak berjumlah banyak. Berikut daftar kekuatan armada yang dimiliki Kalstar Aviation:
  • ATR 42-300 sebanyak 3 pesawat
  • ATR 72-600 sebanyak 2 pesawat
  • Boeing 737-300 sebanyak 1 pesawat
  • Boeing 737-500 sebanyak 2 pesawat
Seperti umumnya perusahaan penerbangan yang memulai usaha mereka dari rute Indonesia bagian TImur, Kalstar Aviation tampaknya tidak memiliki ambisi untuk memperluas jangkauan penerbangan, kendati mereka memiliki jadwal penerbangan dari Pulau Jawa ke bagian Timur Indonesia, dan sebaliknya.

Lebih jauh lagi, para penumpang Kalstar Aviation yang membeli jasa penerbangan mendapatkan hak untuk menyimpan barang di bagasi sampai maksimum 20 kg. Sebanyak 7 kg barang bawaan diizinkan untuk dibawa ke dalam kabin. Ini berlaku untuk penumpang Boeing 737. Sedangkan bagi para penumpang pesawat ATR 72 dan ATR 42, maksimum bagasi adalah 10 kg, dan maksimum barang yang bisa dibawa ke dalam kabin adalah sebesar 5 kg.

Cara Memesan Tiket Pesawat Kalstar Aviation

Anda bisa memesan tiket pesawat Kalstar Aviation melalui dua saluran, situs resmi maupun agen penjualan tiket online, contoh nya Traveloka.com dengan mengunjungi halaman ini: http://www.traveloka.com/kalstar-aviation. Untuk memesan tiket, Anda tinggal mencari rute penerbangan yang diinginkan, dan kemudian melakukan pemesanan dengan cara mengisi data penumpang. Setelahnya Anda tinggal memilih cara pembayaran tiket yang diinginkan, dan setelah membayar tiket akan dikirimkan ke email Anda.

No comments