Header Ads

Bahaya, Tanda Kebodohan Jika Sering Pakai Google!

Fokus Info - Smartphone, siapa yang tak kenal dengan benda elektronik yang satu ini. Hampir semua kalangan mempunya barang elektronik yang satu ini mulai dari remaja, dewasa, kakek, nenek, pedagang, pengamen, hingga anak-anak! Mungkin karena smartphone yang mempunyai harga relatif murah dan mudah dibeli dimana-mana sehingga semua kalangan dapat mempunyai benda canggih ini.

Telepon pintar atau biasa disebut smartphone memiliki banyak sekali manfaat dan berguna dalam kehidupan setiap orang. Mungkin, tanpa smartphone kita tidak dapat berkomunkasi dan mengetahui keadaan dunia diluar sana.



Bahaya, Tanda Kebodohan Jika Sering Pakai Google!

Setiap smartphone pasti terdapat aplikasi Google yang sudah terinstall secara otomatis ketika baru membeli smartphone. Google adalah teknologi raksasa yang hingga saat ini tak dapat tertandingi. Setiap orang pasti kenal dengan teknologi raksasa ini yang biasa disebut "mbah Google" Setiap orang pula pasti sering menggunakan nya untuk kebutuhan sehari-hari.

Mungkin tanpa Google, ibu-ibu rumah tangga tak dapat mengetahui resep masakan yang paling enak, para internet marketer tidak dapat mencari uang, orang-orang tidak dapat membaca berita secara up to date, dan para siswa tidak dapat mengerjakan pekerjaan rumah nya alias 'PR'


Apakah Anda salah satu orang yang mengerjakan tugas Anda dengan menggantungkan Google?



Bahaya, Tanda Kebodohan Jika Sering Pakai Google!


Sepertinya Anda harus berubah mulai dari sekarang. Harus jarang dengan penggunaan yang nama nya smartphone. Karena menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Waterloo di Kanada, menyatakan bahwa smartphone dapat membuat banyak orang semakin malas. Hal ini disebabkan oleh pemikiran yang menganggap smartphone adalah perpanjangan dari otak mereka.

Peristiwa ini sangat terlihat banyak nya orang yang mengandalkan mbah Google sebagai sumber informasi yang instan. Kalau dilihat memang hal yang wajar jika seseorang menggunakan mbah Google, tetapi jika terus dilakukan justru dapat mengurangi keaktifan otak.

Pengguna smartphone yang lebih mengandalkan 'mbah' Google dianggap menganaktirikan daya ingat mereka sendiri. Dan jika tidak segera berubah, kebiasaan googling akan berubah menjadi indikasi 'kebodohan'.

"Penelitian kami membuktikan bila frekuensi penggunaan smartphone tinggi berkaitan dengan kecerdasan yang lebih rendah," ujar Gordon Pennycook, ilmuwan dari Universitas Waterloo, Daily Mail (08/03).

Penelitian itu juga menyatakan bila orang-orang yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi cenderung menghabiskan waktu lebih sedikit bersama smartphone atau Google. Alhasil, tingkat ketergantungan pun menurun drastis karena mereka menganggap bisa menyelesaikan banyak persoalan tanpa smartphone.

Jadi, apakah Anda masih mengandalkan 'mbah Google'?



No comments