Header Ads

Cara mudah mengamankan data di OS Android

Menjaga keamanan data dalam ponsel Android kamu merupakan keniscayaan, jika tidak ingin data rahasia dalam hanphone kamu hilang atau berpindah tangan pada orang iseng atau tidak bertanggung jawab. Untuk masalah kemanan data dalam System operasi Android sendiri banyak versi dan aplikasi yang bisa dipakai, baik itu dari vendor pihak ketiga maupun langsung dari Google Play Store. Jika ditanya mana lebih bagus, tentu jawabnya relatif, namun untuk keamanan tentu lebih aman memakai yang langsung dari pengembang Android itu sendiri yaitu Google Play Store.

Kemanan data  Handphone Android
Ada beberapa keuntungan jika memakai aplikasi security yang langsung dari Google Play Store, selain gratis tentunya akan lebih aman dari virus yang mungkin menyertai aplikasi tersebut. Lain halnya jika menggunakan aplikasi dari pihak ketiga, bisa jadi aplikasi tersebut sudah diselipkan virus atau malware yang bisa jadi bukannya mengamankan ponsel android anda malah sebaliknya akan terus menggerogotinya. Untuk itu fokusinfo kali ini akan mengajak anda menggunakan sebuah aplikasi kemanan data dari Google Play Store untuk ponsel Android anda.

Berikut langkah mudah mengamankan data di OS Android

Unduh aplikasi hanya dari Google Play Store

Sebagai mana telah dibahas diatas tadi akan lebih aman menggunakan aplikasi yang langsung diambil dari Google Play Store. Selain itu anda juga perlu perhatikan aplikasi yang terinstal pada ponsel anda, jika tidak ingin ada aplikasi yang tidak anda inginkan terinstal pada Handpone anda lakukan cara berikut Settings>Security dan hilangkan tanda centang pada kolom Unknown Sources. Kemudian beri tanda centang pada Verify Apps.

Teliti dalam menggunakan aplikasi

Untuk menghindari penggunaan aplikasi yang membawa malware pada handphone android, sebaiknya telitilah sebelum menggunakannya, ada baiknya anda menggunakan aplikasi yang direkomendasikan oleh google. Dan jangan lupa untuk mengecek ijin (permission) dari aplikasi yang akan anda gunakan. Tidak jarang banyak aplikasi meminta ijin untuk mengakses akun, SMS, lokasi, atau koneksi internet. Jika sudah banyak syarat dan permintaan walaupun bagus atau gratis sebaiknya hindari.

Menggunakan password dengan tingkat yang sulit.

Terkadang kita sering lupa, atau bisa dibilang menganggap remeh sebuah password, padahal ini adalah kunci masuk ke dalam ponsel kita yang notabene tentunya banyak data yang mungkin tidak boleh dikonsumsi publik. Karena itu mulai sekarang buatlah kombinasi password yang rumit pada ponsel anda dengan cara masuk ke Settings>Security>Screen Lock dan pilih Password. jangan lupa hilangkan tanda centang pada pilihan Make password visible.

Hindari pemakaian Koneksi Wi-Fi serampangan

Sekarang memang banyak tersedia koneksi internet nirkabel gratis atau yang disebut dengan Wi-Fi, biasanya ini banyak ditemukan di pusat-pusat perbelanjaan sebagai penarik minat customer. Untuk kamu yang ingin menggunakan access internet gratis ini sebaiknya berhati-hati, karena bisa jadi pada koneksi Wi-Fi yang anda pakai sudah disisipkan program malware. Terutama bagi kamu yang menggunakan koneksi tersebut untuk keperluan transaksi keuangan atau jual beli ataupun nomor PIN dan data-data rahasia lainnya.

VPN Untuk access Wi-Fi
Sebagaimana point sebelumnya bahwa penggunaan jaringan Wi-Fi gratis yang sembarangan juga berpotensi terkena malware penggunaan aplikasi VPN (Virtual Private Network) adalah solusi untuk anda yang tetap ingin menggunakan jaringan tersebut jika mendesak. berikut cara mengaktivekan fiture VPN masuk ke Settings>Wireless & Networks>More>VPN. Adapun fungsi aplikasi ini adalah untuk mengenkripsi jaringan nirkabel yang sifatnya beresiko sehingga menjadi lebih aman.

Enkripsi Data

Sebagaimana fungsinya enkripsi adalah suatu system pengkodean pada suatu data yang tujuannya untuk kerahasiaan sehingga data tersebut tidak akan bisa dibuka tanpa di deskripsi (kebalikan dari enkripsi) terlebih dahulu. Kenapa hal ini perlu anda lakukan, tentunya untuk menjaga keamanan data dalam ponsel jika sewaktu-waktu hilang atau mungkin diakses oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Adapun proses enkripsi dalam Android sendiri adalah sebagai berikut masuk ke Settings>Security>Encrypt Phone, dan jika ada memory external lakukan pula pada pilihan Encrypt SD Card.

Matikan Notifikasi

Untuk melakukan ini caranya masuk ke Settings>Apps dan pilihan aplikasi yang dituju, kemudian hilangkan tanda centang pada Show notifications. Tujuannya adalah untuk menghilangkan Notifikasi suatu transaksi penting yang terkadang masih aktive pada saat handphone dalam kondisi terkunci.

Gunakan Two-factor authentication

Yang terakhir untuk melindungi data anda dalam ponsel Android adalah dengan menggunakan Two-factor authentication. Aplikasi ini berfungsi sebagai pelapis ganda jika password pertama pada handphone anda bisa dibobol. Untuk mengaktivekan aplikasi ini bisa anda lakukan dengan mengakses langsung dari dari https://accounts.google.com/AmsAuthConfig.

Itu saja yang bisa fokusinfo share kali ini untuk mengamankan data di dalam ponsel pintar anda. Yang paling penting anda harus hindari adalah mendownload aplikasi secara serampangan tanpa menelitinya terlebih dahulu. Gunakan Smartphone anda dengan bijak, jangan sampai karena kelalaian anda berujung penyesalan. Semoga bermanfaat. Seandainya masih ada tambahan trik lainnya mari kita sharing melalui kotak komentar dibawah artikel ini.

1 comment

Fokus Info said...

Terima kasih atas komentar dan tambahan tipsnya mas Iqbal.