Header Ads

Pengertian dan Jenis-jenis Virus Pada Komputer

Pengertian Jenis-jenis Virus Pada Komputer - Pada umumnya Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

Jenis-Jenis Virus Pada Komputer

Cara Kerja Virus

Cara kerja virus pada komputer berfariasi virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu. Efek negatif virus komputer adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95% virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya menyerang Linux/GNU, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Virus yang ganas akan merusak perangkat keras.

Jenis Virus Pada Komputer

Berikut ini penjelasan singkat dan cara kerja virus. Virus komputer dapat dikelompokkan ke dalam kategori sebagai berikut:

  • Worm (cacing komputer)
Sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya secara sendiri dalam sistem komputer (seperti menduplikatkan dirinya sendiri pada harddisk). Ini membuat sumber daya komputer (Harddisk) menjadi penuh akan worm itu. Sebuah worm dapat menggandakan dirinya dengan memanfaatkan jaringan (LAN/WAN/Internet) tanpa perlu campur tangan dari user itu sendiri. Worm tidak seperti virus komputer biasa, yang menggandakan dirinya dengan cara menyisipkan program dirinya pada program yang ada dalam komputer tersebut, tapi worm memanfaatkan celah keamanaan yang memang terbuka atau lebih dikenal dengan sebutan vulnerability. 
  • Trojan
Trojan dalam keamanan komputer merujuk kepada sebuah bentuk perangkat lunak yang mencurigakan (malicious software/malware) yang dapat merusak sebuah sistem atau jaringan. Tujuan dari Trojan adalah memperoleh informasi dari target (password, kebiasaan user yang tercatat dalam system log, data, dan lain-lain), dan mengendalikan target (memperoleh hak akses pada target). Trojan juga dapat menginfeksi sistem ketika pengguna mengunduh aplikasi (seringnya berupa game komputer) dari sumber yang tidak dapat dipercayai dalam jaringan Internet. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat memiliki kode Trojan yang diintegrasikan di dalam dirinya dan mengizinkan seorang cracker untuk dapat mengacak-acak sistem yang bersangkutan. Mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri.
  • Spyware
Virus yang memantau komputer yang terinfeksi. Spyware merupakan turunan dari perangkat lunak beriklan, yang memantau kebiasaan pengguna dalam melakukan penjelajahan Internet untuk mendatangkan "segudang iklan" kepada pengguna. Tetapi, karena perangkat lunak beriklan kurang begitu berbahaya (tidak melakukan pencurian data), spyware melakukannya dan mengirimkan hasil yang ia kumpulkan kepada pembuatnya (perangkat lunak beriklan umumnya hanya mengirimkan data kepada perusahaan marketing).
  • Backdoor
Dalam keamanan sistem komputer, hampir sama dengan trojan. Namun, Backdoor bisanya menyerupai file yang baik-baik saja. Misalnya game. Merujuk kepada mekanisme yang dapat digunakan untuk mengakses sistem, aplikasi, atau jaringan, selain dari mekanisme yang umum digunakan (melalui proses logon atau proses autentikasi lainnya). Disebut juga sebagai back door.
  • Rogue
Merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. Juga rogue dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan virus lain.
  • Rootkit
Kumpulan perangkat lunak yang bertujuan untuk menyembunyikan proses, berkas dan data sistem yang sedang berjalan dari sebuah sistem operasi tempat dia bernaung. Kit-akar (rootkit) awalnya berupa aplikasi yang tidak berbahaya, tetapi belakangan ini telah banyak digunakan oleh perangkat perusak yang ditujukan untuk membantu penyusup menjaga tindakan mereka yang ke dalam sistem agar tidak terlacak. Kit-akar hadir di beragam sistem operasi seperti, Linux, Solaris dan Microsoft Windows. Kit-akar ini sering mengubah bagian dari sistem operasi dan juga memasang dirinya sendiri sebagai penggerak atau modul inti.
  • Polymorphic virus
Virus yang gemar beubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi.
  • Metamorphic virus
Virus yang mengubah pengkodeannya sendiri agar lebih sulit dideteksi.

Referensi

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Virus_komputer
  • http://id.wikipedia.org
Virus dapat merugikan pengguna komputer namun kita masih bisa untuk mencegah agar virus tidak menginfeksi komputer kita dengan cara mengetahui macam-macam dan cara kerja virus agar kita mengerti bagaimana virus tersebut bisa menginfeksi komputer dan juga dengan cara pemasangan antivirus yang bagus dan tentunya terupdate. Demikian artikel mengenai Pengertian dan Jenis-jenis Virus Pada Komputer semoga bermanfaat dan baca artikel fokusinfo yang lainnya ya terima kasih.

2 comments

yudha dhesockerz said...

virus emang menyebalkan
pc ane kena virus yang mematikan gan...bahkan semua AV terbaik pun langsung OFF kalau dibuka..bikin pusing nih virus..
kayaknya kunjungan perdana nih gan.. salam kenal ya..

Zikrurridho Afwani said...

iya gan virus emang gitu, trima kasih kunjungan nya