Header Ads

10 Manfaat Luar BIasa Olahraga Pagi

Manfaat Olahraga di Pagi hari sudah tidak asing lagi bahwa olahraga di pagi begitu membawa banyak manfaat untuk kesehatan kita, tidak tahu kenapa ketika melalukan olahraga di pagi tubuh terasa akan lebih bugar dan juga akan membuat semangat untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang akan di kerjakan nanti.

Banyak sekali olahraga yang bisa di lakukan ketika pagi hari, misalnya berjalan kaki, bersepeda, jogging dan lain-lain walaupun hanya melalukan olahraga yang sederhana, namun akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Manfaat Luar Biasa Olahraga di Pagi Hari

Tidak diragukan lagi bahwa olahraga itu memberikan manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan terutama olahraga pada pagi hari.

  1. Kerja Lebih Bersemangat dan Fokus
    Terkait erat dengan rasa peningkatan kebahagiaan adalah kewaspadaan tinggi sepanjang hari. Meskipun pada awalnya Anda harus berjuang untuk dapat keluar dari tempat tidur untuk memulai olahraga, namun seiring dengan kebiasaan hal ini akan membuat Anda bisa bangun pagi hari lebih cepat dengan penuh semangat. Tidak hanya akan membuat latihan Anda maksimal, saat Anda mulai bekerjapun akan merasa lebih siap.
  2. Sirkulasi Darah yang Baik
    Olahraga pagi, misalnya seperti jalan pagi berfungsi sebagai latihan kardio halus dengan mempercepat detak jantung dan memompa darah ke setiap bagian tubuh. Latihan ini meningkatkan sirkulasi darah dan membantu mengendalikan tekanan darah dan kolesterol dalam jangka panjang.
  3. Membantu Menjaga Berat Badan
    Olahraga di pagi hari akan membuat Anda sehat dan tentunya bisa membantu Anda untuk menjaga berat badan agar tidak bertambah begitu juga dengan sebaliknya, olahraga pagi hari bisa membuat badan Anda yang gemuk dengan rutin berolahraga pasti akan membuat berat badan Anda turun.
  4. Kekuatan Otot dan Stamina Membaik
    Olahraga pagi, seperti jogging dan jalan kaki dapat membantu meningkatkan daya tahan otot dan meningkatkan daya dukung oksigen darah, sehingga meningkatkan stamina secara keseluruhan. Jadi, dengan olahraga pagi yang teratur tidak perlu khawatir akan lelah di siang hari.
  5. Meningkatkan Daya Ingat
    Olahraga telah terbukti  meningkatkan fokus dan ketajaman mental hingga sepuluh jam pasca latihan. Namun Jika Anda berolahraga setelah bekerja, maka Anda tidak mendapatkan keuntungan ini, karena setelah itu Anda tentu akan tidur. Hal ini bahwa olahraga pagi hari akan membawa otak dan tubuh Anda berada dalam kondisi yang baik sepanjang hari.
  6. Mengontrol Gula Darah
    Olahraga pagi adalah salah satu cara terbaik untuk mengontrol gula darah, terutama jika Anda seorang penderita diabetes dan gangguan insulin. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal American Medical Association menemukan bahwa orang yang latihan di pagi hari menunjukkan kontrol yang lebih baik pada gula darah sepanjang hari.
  7. Terhindar dari Hipertensi
    Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga pagi hari klhususnya dapat meningkatkan rasa kebahagiaan dan suasana hati secara keseluruhan. Dengan demikian pada akhirnya Anda tidak akan mudah menderita darah tinggi, terutama yang di akibatkan oleh stres. Efek olahraga juga akan memperlancar aliran darah dan memperkuat jantung, sehingga hipertensi kronis akan jauh jauh dari kehidupan Anda.
  8. Peningkatan Kualitas Kulit Membaik
    Banyak orang mengalami masalah kulit seperti jerawat, yang alasannya adalah polusi. Berjalan di pagi hari membantu kulit Anda untuk bernapas dalam oksigen yang bebas polusi dan kabut pagi memiliki efek pelembab pada kulit. Vitamin D yang diserap dari matahari pagi juga sangat bermanfaat. Sementara Anda keringat, kulit pori-pori terbuka dan dibersihkan, memberi kulit yang lebih sehat, yang hasilnya bisa terlihat hanya dalam beberapa hari.
  9. Kualitas Tidur Membaik
  10. Orang yang rajin jalan kaki di pagi hari juga lebih mudah tidur nyenyak di malam hari. Sebuah studi yang dilakukan di Fred Hutchison Cancer Research Center di Seattle, menunjukkan bahwa olahraga dilakukan pada pagi hari membantu dalam memprovokasi tidur pada malam hari. 
  11.  
  12. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang berolahraga pada malam hari lebih banyak mengalami kesulitan tertidur, daripada mereka yang berolahraga pada pagi hari sebelumnya. Meningkatkan kualitas tidur tidak hanya membuat Anda lebih fokus dan energik, tetapi juga berperan penting dalam rangka menurunkan berat badan. Beberapa hormon yang mengontrol nafsu makan dan metabolisme bisa diatur oleh pola tidur yang baik, sehingga membuat jadwal tidur yang sehat bisa memberikan efek positif pada sistem tubuh.
  13. Perbaikan Metabolisme dalam Tubuh
    Ketika tidur, metabolisme tubuh melambat sepenuhnya. Olahraga pagi adalah cara terbaik untuk memulai meningkatkan metabolisme. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa orang yang terbiasa olahraga di pagi hari memiliki tingkat metabolisme yang lebih baik daripada orang yang tidak berolahraga sama sekali.
  • Masih banyak sekali manfaat dari olahraga di pagi hari, namun tidak saya bahas pada artikel ini semoga dengan berolahraga akan membuat tubuh menjadi lebih kuat, bugar dan tentunya sehat.
  • No comments