Header Ads

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer dan Laptop Yang Lemot/Lambat

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer dan Laptop Yang Lemot/Lambat - Memang, penyebap komputer dan laptop lambat sangat banyak, begitu juga dengan cara mengatasinya, Memiliki laptop atau komputer yang lemot memang sangat tidak menyenangkan, contoh nyata adalah saya sendiri saat ini saya menggunakan latop yang sudah bisa di katakan lemot atau lambat, walaupun tidak terlalu lemot sih, tapi cukup menyiksa menurut saya pribadi.

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer dan Laptop Lemot/Lambat

penyebab cara mengatasi komputer dan laptop yang lemot, lelet atau lambat


Tentunya anda sebagai pemilik laptop dan komputer yang lemot atau lambat sudah mengetahui sendiri seperti apa keadaan laptop atau komputer yang anda gunakan tersebut, bahkan rata rata orang bahkan mengetahui penyebab laptop atau komputer mereka yang lemot tersebut, tetapi berbeda dengan orang yang cuma bisa menggunakan saja, biasanya orang yang seperti itu tidak akan tau kenapa laptop atau komputer yang mereka gunakan bisa lambat atau lemot.

Untuk yang belum tau penyebab laptop atau komputer anda lemot, sebaiknya anda lanjutkan membaca artikel saya ini, agar nanda bisa mengatasi laptop dan akomputer anda yang lemot atau lambat, silahkan anda baca di bawah untuk penyabap dan cara mengatasi komputer dan laptop lemot atau lambat.

Penyebab Komputer dan Laptop Menjadi Lambat

  1. Lambat karena terserang virus, virus bisa jadi penyebab utama lambat atau lemot nya laptop dan komputer anda, mengingat seiring dengan waktu virus selalu bertambah dan datang dengan tipe dan jenis yang baru, yang mungkin bisa lebih berbahaya bagi laptop atau komputer anda.
  2. Lambat karena kekurangan memory, untuk yang satu ini, biasanya dialami oleh orang yang biasa menyimpan banyak berkas di komputer atau laptop mereka, biasanya saya melihat hal ini pada laptop dan komputer translator anime, memory laptop dan komputer mereka penuh berisi anime yang mereka translate, sehingga saat dia menggunakan komputer atau laptopnya, laptop dan komputer tersebut menjadi lambat karena minimnya ruang penyimpanan dalam memory laptop atau komputer tersebut.
  3. Lambat krena system file corrupt atau hilang, ini biasanya terjadi pada komputer atau laptop yang pernah terserang virus, sehingga file file penting juga terinveksi, karena file penting tersebut terinfeksi biasanya file tersebut akan dihapus oleh antivirus yang anda gunakan.
  4. Lambat karena kepanasan, Laptop atau komputer yang kepanasan biasanya akan mengalami perlambatan saat digunakn, untuk hal yang ini mungkin anda bisa buktikan sendiri dengan menggunakn laptop anda dalam jangka waktu yang lama hingga laptop atau komputer anda menjadi panas, dan anda isa liat buktinya disana.
  5. Lambat karena kebanyakan antivirus, antivirus memiliki 2 sisi sama yaitu sisi negative dan positive, positive nya laptop anda akan terlindung dari virus yang menyerang, negative nya, laptop anda akan lambat jika terlalu banyak antivirus yang anda gunakan, karena antivirus tetap bekerja pada laptop anda untuk melindunginya dari serangan virus.
  6. Lambat karena terlalu banyak program startUP, program startUP adalah program yang berjalan pada saat laptop anda menyala, atau pertamakali diaktifkan, semakin banyak program startUP pad laptop atau komputer anda, maka itu akan membuat laptop anda semakin lambat.
  7. Lambat karena terlalu banyak program yang terinstall, banyaknya program yang terinstall juga mempengaruhi lambat atau lemotnya komputer atau laptop anda.
  8. Menggunakan aplikasi yang tidak sesuain dengan laptop, apabila anda menggunakan atau mengoprasikan sebuah program yang melebihi kemampuan/spesifikasi laptop anda, biasanya laptop anda akan mengalami perlambatan, sebut saja saat bermain PES biasanya laptop akan terasa lambat, karena spesifikasi yang dibutuhkan untuk bermain PES tidak dicukupi oleh laptop anda.
  9. Lambat karena ada kerusakan pada komputer, apabila komputer anda mengalami kerusakan biasanya itu akan berdampak pada kecepatan akses laptop atau komputer anda, contoh nya kerusakan Hardisk bad sector yang bisa membuat laptop atau komputer anda menjadi sangat lemot.
  10. Lemot karena file temp. yang terlalu besar, file temp. adalah file yang menyimpan beberapa data yang didapat dari internet saat laptop atau komputer tersebut digunakan browsing di internet, jika file temp. semakin besar, ini juga dapa menyebabkan laptop atau komputer menjadi lemot.
Itulah beberapa penyebab laptop atau komputer bisa menjadi lambat atau lemot, semua penyebab tersebut saya rasa tidak mungkin berada pada satu buah laptop atau komputer, bayangkan saja jika semua penyebab laptop lambat tersebut ada semua pada laptop anda, iiiii ngeri, mendingan behenti dipake kayaknya, tapi saya rasa tidak mungkin semua itu berada pada sebuah komputer atau laptop, kalau memang ada, itu bukan latop lagi sudah jadi sampah itu heheh !

Setelah anda tau penyebabnya selanjutnya Bagaimana cara mengatasi komputer atau laptop yang lelet, lambat atau lemotnah untuk cara mengatasi laptop yang lelet tersebut anda bisa menghindari sepuluh point penyebab komputer lelet atau lemot tersebut, lebih jelasnya bisa anda baca dibawah !

Cara Mengatasi Laptop Atau Komputer Yang Lambat, Lemot Atau Lelet

  1. Menggunakan antivirus untuk laptop anda, untuk menghindari virus pada laptop atau komputer anda anda bisa menggunakan antivirus sebagai pelindung bagi laptop atau komputer anda.
  2. Menggunakn media penympanan lain untuk menyimpan berkas, untuk menyimpan berkas yang ukurannya besar dan bisa membuat memory penympanan laptop anda penuh, sebaiknya anda menggunakan media penyimpanan lain seperti harddisk untuk media penympanan anda.
  3. Hindari menggunakn laptop atau komputer berlama lama, menggunakan laptop berlama lama bisa menyebabkan laptop anda panas, dan apabila laptop anda panas maka laptop atau komputer anda bisa menjadi lambat.
  4. Hindari menggunakan banyak antivitus, banyak orang yang berpendapat menggunakan banyak antivirus akan membuat laptop atau komputer mereka menjadi sehat, dan tanpa gangguan dari virus, padahla itu salah menggunakn banyak antivirus bisa membuat laptop atau komputer anda menjadi lelet, lemot atau lambat, lagi pula rata rata antivirus mendeteksi virus yang berjenis sama, jadi bercuma saja menggunakn banyak banyak, untuk tipsnya lebih baik menggunakan satu saja antivirus, tetapi antivirus tersebut adalah antivirus yang terbaik, dan antivirus tersebut harus tetap di update agar bisa mengenal virus dengan tipe dan jenis baru, karena pembuat virus hampir setiap hari meluncurkan virus baru buatan mereka. anda bisa mengganakan AVG atau AVAST dan antivirus lain yang kualitasnya sudah terbukti.
  5. Kurangi program startUP pada laptop atau komputer anda, seperti yang saya bilang tadi program startUP pada laptop atau komputer anda bisa membuat laptop anda menjadi lelet, lemot atau lambat,jadi sebaiknya anda kurang saja program startUP pada laptop atau komputer anda
  6. Hindari menginstall program yang tidak penting, anda bisa menghindari untuk menginstall program yang tidak berguna pada laptop atau komputer anda, karena seperti yang saya bilang tadi apabila kebanyakn program yang terinstall bisamembuat laptop atau komputer anda menjadi lelet.
  7. Gunakanlah aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi laptop anda, sebiknya anda menggunakan aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi laptop anda karena apabila spesifikasi program atau aplikasi lebih berat dari laptop anda itu bisa membuat laptop anda menjadi lelet, lemot atau lambat.
  8. Bersihkanlah file temp. yang ada pada laptop anda, sebaiknya anda sering sering menghapus isi file temp. yang ada pada laptop anda, untuk cara menghapusnya silahkan anda cari di google dulu karena blog ini belum menyediakan artikel yang membahas cara membersihkan file temp. pada laptop.
  9. Rawatlah laptop atau komputer anda agar terhindar dari kerusakan, untuk menghindari adanya kerusakan pada laptop anda anda wajib merawatnya ya heheh !
Itulah tadi penyebab dan cara mengatasi laptop atau komputer yang lemot lelet atau lambat, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda terima kasih !

2 comments

Wahyu Wibowo said...

komputer saya sering lemot kadang heng gimana solusinya?

Hafiza Suntusia Sandy said...

install ulang bro