Header Ads

Manfaat dan Bahaya Kurang Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Manfaat dan Bahaya Kurang Minum Air Putih Bagi Kesehatan - Air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan.  Ketika melihat iklan air minum di televisi mungkin anda sudah tahu bagaimana pentinggnya air putih bagi tubuh. Tubuh manusia terdiri dari 55% sampai 78% air, tergantung dari ukuran badan. Agar dapat berfungsi dengan baik, tubuh manusia membutuhkan antara satu sampai tujuh liter air setiap hari untuk menghindari dehidrasi; jumlah pastinya bergantung pada tingkat aktivitas, suhu, kelembaban, dan beberapa faktor lainnya. Fungsi air dalam tubuh manusia yaitu untuk menjaga kesegaran tubuh, membantu sistem pencernaan agar lebih lancar, mengeluarkan racun dalam tubuh lewat keringat dan urine. Air juga berfungsi untuk pelarut, katalisator, pelumas, untuk mengatur suhu tubuh serta sebagai penyedia elektrolit dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat Air Putih Untuk Tubuh

Apakah anda tahu manfaat dari air putih? Mungkin kebanyakan dari anda sudah mengetahui manfaat air putih bagi kesehatan tubuh lalu bagaimana jika anda belum mengetahuinya? Sederhana saja tapi ini sangat penting untuk tubuh kita silahkan di baca tulisan di bawah ini.

1. Mencegah Penyakit Jantung
  • Menurut studi yang dikemukakan oleh American Journal of Epidemiology, orang yang sudah terbiasa minum air putih lebih dari 5 gelas pada setiap harinya mengalami penurunan risiko sebesar 41 persen akibat penyakit jantung.
2. Menjaga Berat Badan Tubuh
  • Iya dengan meminum air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh akan membuat sistem metabolisme dalam tubuh menjadi lancar.
3. Berpikir Lebih Baik
  • Meminum air putih sesuai dengan kebutuhan membuat otak kita menjadi mudah untuk berpikir dan juga tidak menjadi lupa. Sudah lihat iklan di televisi kan? sesorang yang belum minum air putih sejenak bisa membuatnya menjadi pelupa dan juga sulit untuk berpikir.
4. Memperlancar Sistem Pencernaan
  • Dengan meminum air kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi, maka akan terhindar dari konstipasi karena cairan dalam proses pencernaan selain itu dapat membantu penyerapan nutrisi yang juga berfungsi untuk membentuk massa kotoran manusia.
5. Mengeluarkan Racun dalam Tubuh
  • Dengan mengkonsumsi air putih sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh perhari, maka racun yang terdapat dalam tubuh akan dikeluarkan melalui urine maupun keringat. Hal ini tentunya tidak akan terjadi apabila kekurangan cairan.
Bahaya Kurang Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Apa kalian sudah memenuhi kebutuhan air dalam tubuh anda dalam sehari? Jika tidak mulai sekarang cukupi kebutuhan minum air anda mungkin efeknya belum terasa sekarang tapi nanti kalau sudah mulai tua. Di bawah ini sudah beberapa contoh dari bahaya kurang minum air putih bagi kesehatan.

1. Berbagai Gangguan Kesehatan
  • Bahaya kurang minum air putih berikutnya yaitu terasa haus, tenggorokan terasa kering, suhu badan menjadi panas, terkena gejala sakit kepala, air kencing akan bewarna pekat, denyut nadi yang terasa cepat, gejala halusinasi dan juga berakibat fatal yaitu kematian.
2. Mengganggu Fungsi Otak
  • Air putih sangat baik untuk sel-sel otak kita. Fungsi air putih ini agar otak bisa berpikir lebih cepat, tidak mudah lupa atau pikun dan bisa berkonsentrasi untuk setiap aktivitas yang di jalankan karena jika kekurangan air terutama air putih akan menyebabkan cairan di otak akan menurun, asupan oksigen yang semestinya mengalir ke otak juga ikut berkurang. Sehingga menyebabkan sel - sel otak menjadi tidak aktif dan tidak berkembang sebagaimana yang diharapkan. 
3. Membahayakan Ginjal
  • Bahaya kurang minum air putih yang kelima yaitu dapat menganggu fungsi kerja ginjal pada tubuh anda. Ini dikarenakan air putih sangat penting untuk mencegah batu ginjal. Fungsi air putih pada organ ginjal akan membuat komponen pembentuk batu ginjal menjadi lebih mudah luruh bersama buang air kecil yang kita keluarkan setiap harinya. 
4. Infeksi Kandung Kemih
  • Bahaya kurang minum air putih yaitu akan menyebabkan infeksi kandung kemih. Gejala infeksi kandung kemih yaitu suhu badan yang sedikit meningkat, terasa nyeri pada saat buang air kecil bahkan kadang kala terdapat darah dalam urine yang dikeluarkan.
5. Kulit Tampak Kusam
  • Bahaya kurang minum air putih yang kelima yaitu kulit menjadi kusam atau tidak menunjukkan kulit yang cerah dan awet muda karena aliran darah kapiler di kulit pada tubuh tidak maksimal. 
Kesimpulan

Air sangatlah penting bagi kehidupan di bumi ini tanpa air semua makhluk hidup di muka bumi ini pasti mati jadi manfaatkanlah air dengan sebaik-baiknya. Sekian artikel mengenai manfaat dan bahaya kurang minum air putih bagi kesehatan semoga bermanfaat.
Referensi : http://intips-kesehatan.blogspot.com/2012/11/bahaya-kurang-minum-air-putih-sehat.html

Terima kasih.

No comments