Header Ads

Inkscape Software Desain Grafis yang Gratis

Inkscape Software Desain Grafis yang Gratis - Inkscape (Vector Graphics Editor) adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas dibawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS. Inkscape sama seperti software Corel Draw, Adobe Illustrator dan lainnya, berbedanya Inkscape dengan Software lainnya adalah penggunaan SVG (Scalable Vector Graphics) yang sekarang memenuhi standar XML W3C.

Berbeda dengan corel Draw  yang dirancang hanya bisa berjalan di sistem operasi windows saja. Inkscape adalah software yang multiplatform, artinya software ini bisa berjalan di berbagai sistem operasi, baik di windows,Mac,Linux,Sun dan lain-lain,jadinya software ini sangat cocok sekali untuk menggantikan aplikasi Corel Draw untuk anda jika anda tidak mempunyai uang untuk membeli lisensi Corel Draw daripada memakai Corel Draw yang veris bajakan/ilegal lebih baik menggunakan Inkscape. Selain gratis dan Powerfull. Pada notabene Inkscape adalah software open source jadi tidak usah membeli lisensi Inskacape untuk menggunakannya dan juga Inkscape memiliki tampilan yang sederhana dan mudah untuk di pahami.

Apa Mudah Menggunakan Inkscape ?

Jika anda pernah belajar Corel Draw sudah pasti anda akan bisa menggunakan Inkscape. Kenapa? iya fitur yang terdapat Inkscape tidak selengkap dengan fitur yang tersedia di Corel Draw dan kebanyakan yang memakai Corel Draw tentunya adalah user yang sudah profesional sedangkan Inkscape masih bayi dan belum di gunakan oleh para profesional dengan tampilannya yang sederhana pasti kita akan terbiasa dan betah menggunakannya.


Contoh pembuatan banner untuk blog fokusInfo.net cukup sederhana bukan? dan juga tidak kalah jauh sama Corel Draw itulah Inkscape tidak kalah sama software desain grafis yang berbayar.

Bagaimana Cara Install Inkscape ?

Untuk penginstalannya cukup mudah karena Inkscape berjalan pada Mac Os, Windows dan Linux. Okeh saya sediakan link downloadnya silahkan untuk di download untuk cara penginstalannya mungkin kalian sudah tahu. 
Info : Untuk pengguna Linux khususnya Debian/Ubuntu silahkan gunakan perintah apt-get install inkscape.
Silahkan download di bawah ini langsung sesuaikan dengan sistem yang anda gunakan.



Download
Mac OsMac Os
Windows32bit dan 64bit
Linuxapt-get install inkscape

Kesimpulan

Inkscape adalah sebuah software khususnya untuk desain grafis yang bersifat open source jadi kita tidak perlu membayar untuk memakainya dan juga fitur yang terdapat di Inkscape juga sudah bagus namun masih tidak selengkap software Corel Draw yang secara berbayar. Sekian artikel dari saya mengenai Inkscape Software Desain Grafis yang Gratis jika ada kesalahan mohon di maafkan untuk bertanya silahkan tulis di komentar.

Terima kasih. !


No comments