Header Ads

MENGENALI TANDA TANDA KEPUTIHAN

Tanda tanda keputihan merupakan hal yang wajib diketahui wanita. Kondisi yang biasa terjadi pada wanita terutama setelah datang bulan atau menstruasi disebut dengan keputihan. Fungsinya adalah untuk membersihkan sistem reproduksi wanita akibat darah kotor yang keluar selama menstruasi . Keputihan adalah keluarnya cairan yang bersumber dari organ intim wanita atau diding rahim.

Mencegah keputihan sejak dini

Kebanyakan wanita menganggap masalah keputihan ini suatu hal yang enteng, padahal efek dari tanda tanda keputihan tidak normal bisa menyebabkan kematian, karena keputihan merupakan awal terjadinya infeksi pada organ intim wanita. Oleh karena itu kenali tanda tanda keputihan sejak dini.

Yang perlu dan wajib diperhatikan mengenai keputihan adalah dengan memperhatikan cara membersihkan organ daerah kewanitaan. Cara yang tepat untuk membersihkan daerah kewanitaan adalah dengan membilas dari arah depan ke belakang arah anus.

Jika anda mengalami keputihan setiap hari diluar masa menstruasi, anda wajib waspada atau khawatir apabila mengalami keputihan. Tidak menutup kemungkinan itu termasuk tanda tanda keputihan berbahaya.

Keputihan ada 2 macam, yaitu:
  1. Keputihan Normal
  2. Tanda tanda keputihan normal adalah warna lendirnya bening, tidak berbau dan tidak gatal.
  3. Keputihan Tidak Normal (Karena Penyakit)
  4. Tanda tanda keputihan tidak normal adalah warna lendirnya tidak lagi bening tetapi bisa coklat, kuning kehijauan atau bahkan merah seperti darah. Biasanya baunya tidak sedap dan gatal.
Penyebab keputihan tidak normal yaitu karena infeksi mulut atau leher rahim akibat bakteri, protozoa dan jamur, kanker leher rahin dan benda asing yang tertinggal di dalam rahim.

Cara mencegah keputihan
  1. Menjaga dan membilas daerah kewanitaan dengan cara yang benar
  2. Hindari penggunaan handuk dan celana dalam dengan wanita lain
  3. Berhati – hati menggunakan toilet umum
  4. Jaga pola hidup sehat, olar raga teratur, tidur yang cukup, makan makanan bergizi seimbang.
  5. Jangan bergonta ganti pasangan dalam berhubungan
  6. Bagi anda yang sudah menikah, lakukan papsmear setiap tahun untuk mendeteksi dan memberantas sel – sel yang ada di mulut dan leher rahim.
Walaupun tidak semua keputihan yang anda alami itu berbahaya, namun anda harus waspada jika tanda tanda keputihan diatas anda alami.

No comments