Header Ads

Kabinet Ramping Versi Jokowi

Kabinet Ramping Versi Jokowi. Sebagai presiden terpilih Jokowi sudah banyak mengumbar janji, termasuk salah satunya akan merampingkan kabinet sebagai pembantunya dalam pemerintahan nanti, selain untuk menghemat belanja APBN tentu juga untuk menjadikan kabinetnya lebih profesional dan efisien dalam bekerja.

Image : republika.co.id
Lalu seberapa ramping kabinet yang akan terbentuk dalam pemerintahan Jokowi-JK nanti? yang sudah terkonfirmasi saat ini, jumlah menteri yang akan mengisi kabinet Jokowi-JK nanti adalah 33 menteri sebagaimana pernyataan Jokowi berikut : "Nanti kalau sudah final kami umumkan, tapi sampai hari ini ada 33 (kementerian). Kemenkonya ada 4," kata Jokowi di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Taman Suropati, Jakarta Pusat, Jum'at (10/10/2014).

Lalu siapa saja yang akan menduduki kursi-kursi menteri itu? strukturnya 18 dari profesional murni dan 15 dari profesional partai. Dan ini masih bisa berubah jika diperlukan nanti. Kabinet ramping yang dimaksud Jokowi selama ini mengurangi 1 menteri dari jumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu II masa SBY dan kabinet profesional bukan transaksional dengan tetap mengusung kader Partai menduduki kursi menteri. Semoga Kabinet ramping dan profesional bukan hanya bualan dan janji manis saja.

No comments