Header Ads

Ini dia pernyataan dan kebijakan kontroversial Ahok

Pernyataan dan kebijakan kontroversial Ahok. Plt. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang akrab disapa Ahok memang sedang menjadi tranding topic di berbagai media, baik TV, Koran hingga Sosial Media Internet. Ada yang mendukung dan tidak sedikit pula yang menghujat. Hal ini dikarenakan sikap, pernyataan serta kebijakan sang mantan Wakil Gubernur Jokowi ini yang sering mengundang kontroversi terutama dari kalangan mayoritas muslim di Jakarta.
Kontroversi Ahok Plt. Gub DKI Jakarta
Image : en.tempo.co
Sebagai pengingat kembali memory kita tentang beberapa pernyataan dan kebijakan Ahok yang sering mengundang kontroversi tersebut :
  1. Menghina ORMAS Islam terbesar di Indonesia Muhammadiyah dengan mengatakan Muhammadiyah Munafik saat Ahok berencana membuat Lokalisasi prostitusi di Pulau seribu, dan ini berujung dengan dilaporkannya sang Wakil Gubernur ke Polisi oleh Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM).
  2. Pernyataan Bajingan kepada Pelajar SMA Kamis 14 November 2013, Hal ini berawal dari ulah siswa SMA 46 yang membajak Kopaja 615 Jurusan Lebak Bulus-Tanah Abang. atas penyataan ini, Ahok juga diancam akan disomasi oleh Komisioner Satgas Perlindungan Anak (Satgas PA) M Ihsan.
  3. Mengatakan akan menindak tegas ondel-ondel di jalanan. Karena, kata Ahok alias Zhong Wan Xie, ondel-ondel itu dijadikan kedok bagi pengemis dengan meminta uang kepada warga. Hal ini pun banyak mendapat sorotan dari berbagai kalangan termasuk putra bungsu mantan Presiden Soeharto, Hutomo Mandala Putra atau biasa disapa Tommy Soeharto, menanggapi lewat Facebook dan Twitter-nya. “Betawi dan budaya tradisionalnya adalah ciri khas daerah Ibu Kota. Ondel-ondel atau apa pun itu budaya adat istiadat warga Betawi tidak bisa dipisahkan dengan Ibu Kota, apalagi sampai menghapusnya. Kalau ingin menghapus, silakan hapus budaya-budaya yang datang dari luar karena banyak yang tidak cocok dengan kultur budaya Tanah Air. Jadi, jangan asal statemen akan hapus ondel-ondel seperti pengemis karena meminta-minta. Apa sudah lupa kalau barongsai juga butuh angpao?” kata Tommy.
  4. Yang terakhir bahkan sudah mengarah ke masalah ibadah Agama Islam. Ahok mengeluarkan kebijakan melarang memotong hewan kurban di lingkungan sekolah di Jakarta. Buntut dari itu semua akhirnya terjadi aksi penolakan dari massa FPI yang disampaikan kepada DPRD DKI Jakarta untuk tidak melantik Ahok menjadi Gubernur DKI Jakarta.
Demikian sebagian dari sekian banyak pernyataan dan kebijakan kontroversial Ahok selama memimpin Kota Jakarta yang heterogen ini. Bahkan terkahir Ahok memerintahkan aparatnya untuk menembak saja pendemo yang membawa golok, mau jadi pemimpin bertangan besi mungkin beliau. Masing-masing pihak tentu memiliki pandangan sendiri tentang sikap Ahok ini. Sebenarnya masih banyak pernyataan-pernyataan lainnya yang berpotensi menyulut amarah, semoga kita dianugrahi pemimpin yang amanah.

No comments