Header Ads

CARA MENCEGAH PENYAKIT DIABETES

Mencegah penyakit diabetes merupakan pengetahuan yang tentunya lebih berharga daripada mengobatinya. Penyakit diabetes merupakan penyakit yang paling berbahaya ke-4 di dunia setelah jantung, TBC dan HIV/Aids. 7 dari 100 penduduk Indonesia menderita penyakit diabetes, baik yang sudah parah maupun yang baru muncul gejala – gejalanya saja.

cara mencegah diabetes

Penyakit ini disebabkan oleh 3 faktor:
  1. Makanan (terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis)
  2. Pola hidup yang tidak sehat (kurang olah raga, terlalu sering begadang)
  3. Faktor keturunan
Anda harus mengetahui gelaja – gejala umum penyakit diabetes sebelum terlambat. Gejalanya adalah sebagai berikut:
  1. Sering lapar padahal baru saja makan beberapa menit yang lalu
  2. Merasa haus walaupun baru saja minum
  3. Sering buang air kecil dalam tiap jamnya
Penyakit diabetes cenderung menyerang wanita yang sudah dewasa. Oleh sebab itu, anda dan keluarga wajib mengetahui bagaimana cara mencegah penyakit diabetes sejak dini. Berikut 5 cara mencegah penyakit diabetes:
  1. Periksa kesehatan
  2. Anda harus mempunyai jadwal rutin untuk memeriksa kadar gula darah anda minimal 3 tahun sekali.

  3. Konsumsi lebih banyak buah dan sayur
  4. Zat warna pada buah – buahan dan sayuran dapat merangsang produksi insulin yang akan menghambat glikasi (proses pemecahan ikatan molekul glukosa dan protein) sehingga akan merangsang pembentukan AGE (Advenced Glycation End products).

  5. Aktif
  6. Mencegah penyakit diabetes bisa dilakukan dengan cara olah raga teratur dan mengontrol berat badan anda agar aliran darah meningkat. Olah raga sangat penting dilakukan sejak dini.

  7. Diet seimbang
  8. Batasi konsumsi gula karena menurunnya kemampuan tubuh untuk memproduksi dan menggunakan insulin, sehingga tubuh akan kesulitan dalam mengubah gula menjadi energi.

  9. Perhatikan tekanan darah
Lebih dari 70 % penderita diabetes juga menderita penyakit darah tinggi. Selain cara mencegah penyakit diabetes diatas, dukungan dari kerabat dan teman dekat sangatlah penting. Karena kerabat dan teman merupakan orang – orang yang selalu bias memperhatikan dan mengingatkan anda untuk tetap menjaga pola hidup sehat anda. Semoga beberapa cara mencegah penyakit diabetes diatas bias bermanfaat.

No comments